Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Aji Nilai Sho Yamamoto Makin Matang

Pemain Persebaya Sho Yamamoto (kanan) melewati pemain PSS Sleman Marckho Merauke (tengah) dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin (13/2/2023)

GRESIK (global-news.co.id) – Pelatih Persebaya Aji Santoso menyebutkan, Sho Yamamoto semakin matang saat bermain di Liga 1 Indonesia musim 2022/2023, meski di awal banyak yang meragukan penampilan pemain asal Jepang itu.

“Sho Yamamoto semakin lama semakin matang, meskipun hari ini tidak cetak gol tapi dia tampil bagus, dan assist-assist-nya yang membuat temannya cetak gol. Jadi menurut saya memang Sho mengalami peningkatan yang luar biasa,” katanya.

Aji, saat konferensi pers usai pertandingan melawan PSS dalam lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Senin mengatakan, kalau dulu banyak yang tidak percaya kepada dirinya dalam hal perekrutan pemain, seperti halnya Leo Lelis saat didatangkan dari Persiraja Banda Aceh.

“Berilah kesempatan saya dan pemain-pemain saya bekerja dulu, baru dinilai, jangan sebelum bekerja sudah dinilai tidak layak dan sebagainya, kalau sudah begini terus bagaimana,” ucapnya.

Saat itu, banyak klub Liga 1 yang menaruh minat besar terhadap pemain asal Jepang, dengan mengacu kepada lesatan Taisei Marukawa di Liga 1 2021-2022.

Persebaya Surabaya seperti “ketagihan” bekerja sama dengan pemain Jepang setelah satu musim bekerja bersama Taisei Marukawa.

Sho Yamamoto diresmikan sebagai rekrutan terbaru tim yang berjuluk Bajul Ijo melalui Instagram resmi klub pada Rabu, 1 Juni 2022, sebagai pengganti Taisei Maruka yang pindah berlabuh di PSIS Semarang.

Sebelum bergabung dengan tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo, Sho, panggilan akrabnya, bermain untuk klub Montenegro, FK Iskra.

Sho menjadi pemain Jepang keenam yang mewarnai Liga 1 Indonesia pada awal musim 2022-2023, lima nama lainnya adalah Renshi Yamaguchi (Arema FC), Ryota Noma (Barito Putera), Kei Hirose (Borneo FC), Kodai Iida (Rans Nusantara FC), dan Taisei Marukawa (PSIS Semarang).

Saat ini, pesepakbola kelahiran Tokyo itu menjadi salah satu pemain Jepang yang moncer di Liga 1 Indonesia dengan delapan gol dari total 22 pertandingannya bersama Persebaya, di bawah Ryo Matsumura dari Persis Solo yang telah mengoleksi sembilan gol.

Disusul Kenzo Nambu dari PSM Makassar yang mencatatkan namanya sebanyak tujuh gol dari total 21 pertandingan, kemudian pemain Rans Nusantara FC Mitsuru Maruoka dan Taise Marukawa dari PSIS Semarang masing-masing mencetak enam gol.

“Sekarang Sho luar biasa, kalau lihat statistik luar biasa, bahkan secara statistik lebih bagus dari Taise Marukawa, dia sudah cetak delapan gol, artinya pemain ini mengalami perkembangan,” kata Aji. (ntr, sba)

baca juga :

Pengamat Sebut Pernyataan SBY Tamparan Keras Compang-campingnya Komunikasi Jokowi Hadapi Corona

Pemkab Pamekasan Beri Penghargaan Bagi Peraih Juara MTQ Jatim

gas

Amerika Berencana Perpanjang Evakuasi di Afganistan, Taliban Ingatkan Ada Konsekuensi

Titis Global News