Global-News.co.id
Secangkir Kopi

Empat Tahun Khofifah-Emil

PERSIS empat tahun lalu, 14 Februari 2019 sore hari menjelang maghrib Khofifah-Emil yang dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur oleh Presiden RI Joko Widodo memulai memasuki Gedung Negara Grahadi. Kemarin (Senin 13/2/2023) merupakan tahun keempat dilantiknya Khofifah- Emil sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Oleh Presiden RI Joko Widodo. Suasana haru menyelimuti tasyakuran 4 tahun kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya Emil Elestianto Dardak di Gedung Negara Grahadi, Senin (13/2/2023) petang.

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah tak banyak menyampaikan kata sambutan. Sebagai pucuk pimpinan di provinsi terbesar kedua di Indonesia itu, Gubernur Khofifah hanya memperbanyak ucapan terima kasih atas segala dukungan yang diberikan pada seluruh jajaran Pemprov Jatim.

“Saya menyampaikan terima kasih. Kedua terima kasih. dan ketiga Terima kasih. Terima kasih semuanya, matur nuwun pak Wagub , terima kasih semua support ASN Pemprov Jatim. Terimakasih semua dukungan masyarakat Jawa Timur khususnya media dan para jurnalis. Terimakasih do’a para Ulama Jawa Timur. Mohon maaf jika ada khilaf,” kata Gubernur Khofifah sembari menitikkan air mata.

Janji kampanye yang dirumuskan dalam Nawa Bhakti Satya tetap menjadi prioritas utama bagi Khofifah Emil dalam memimpin Jawa Timur di sisa masa jabatannya saat ini. Pasalnya dalam setiap pertanggung jawabanya kepada DPRD Jatim, 11 indeks kinerja utama (IKU) pasti basis capaiannya yang di _break down_ dari Nawa Bhakti Satya.

Berbagai kemajuan memang sudah tercapai selama 4 tahun pemerintahan Khofifah-Emil. Di tahun 2022 Ekonomi Jawa Timur tumbuh impresif ditunjukkan dengan capaian pertumbuhan ekonomi sebesar 5,34 persen (c-to-c) dan tumbuh diatas Nasional yang mencapai 5,31 persen (c-to-c). Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya PDRB per kapita tahun 2022 sebesar 10,52 persen dari 60,04 Juta Rupiah pada tahun 2021 menjadi 66,36 Juta Rupiah pada tahun 2022.

Tak hanya itu, realisasi investasi Jawa Timur selalu meningkat dalam 4 tahun terakhir. Realisasi investasi Jawa Timur selalu meningkat dalam 4 tahun terakhir. Peningkatan signifikan terjadi di tahun 2022 mencapai 110,3 Trilliun melampaui target RPJMD 80 Trilliun yang meningkat sebesar 38,8 persen dibanding tahun 2021. Realisasi PMA meningkat sebesar 66,7 persen sementara PMDN meningkat 24,5 persen.

Koperasi dan UMKM sebagai Backbone Ekonomi Jawa Timur pada tahun 2021 berkontribusi sebesar 57,81% terhadap PDRB Jawa Timur atau meningkat sebesar 0,56 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski demikian, naiknya sejumlah komoditas, seperti minyak goreng dan lainnya yang sering bergejolak harus menjadi perhatian. Juga demikian dengan persediaan pupuk untuk petani yang terkadang kesulitan harus menjadi perhatian pada tahun-tahun selanjutnya. (*)

baca juga :

‘Amuk’ Harga

Redaksi Global News

Hati-hati Belasan Siswa PTM di Surabaya Positif

gas

Jangan ke Mal Kalau Belum Divaksin

gas