Global-News.co.id
Kesehatan Utama

Peringatan Hari Gizi Nasional: Gubernur Khofifah Sebut Momentum Cegah Stunting

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berpose bersama anak-anak.

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat memaknai Hari Gizi Nasional (HGN) yang diperingati setiap tanggal 25 Januari sebagai momentum untuk menurunkan angka stunting.

“Selaras dengan tema HGN ke-63 tahun 2023, yakni protein hewani cegah stunting,” katanya di Surabaya, Rabu (25/1/2023).

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan protein hewani mengandung zat gizi lengkap, mulai asam amino, vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Konsumsi protein hewani seperti daging, ikan, telur dan susu atau produk turunannya sangat baik dalam upaya penurunan stunting,” ujarnya.

Stunting adalah kondisi anak mengalami gangguan pertumbuhan akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu yang lama.

Gubernur Khofifah menegaskan perbaikan gizi sangat penting terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak janin dalam kandungan sampai anak berusia dua tahun. Maka mengonsumsi beragam makanan bergizi dan mengandung protein hewani setiap kali makan sangat dianjurkan.

“Tidak hanya saat hamil, ibu menyusui juga harus mengonsumsi beraneka makanan bergizi utamanya protein hewani agar ASI-nya berkualitas. Setelah bayi berusia 6 bulan, ASI dilanjutkan disertai dengan pemberian makanan pendamping ASI yang memenuhi syarat tepat waktu dan kaya protein hewani, aman dan diberikan dengan cara yang benar,” kata dia. (fan, ntr)

baca juga :

Disperindag Nganjuk Ajak Warga Dukung Pasar Wage Baru di Lomba Pasar Pangan Aman

Titis Global News

PLN Gratiskan Penambahan Daya

Redaksi Global News

Pandemi COVID-19, Okupansi Perhotelan di Surabaya Drop 60%

Redaksi Global News