Global-News.co.id
Gaya Hidup Kesehatan Utama

Mengatur Mindset, Kunci Sukses Perangi Obesitas

Esty Meirizka selaku Head of Marketing LIGHThouse saat pemaparan kegiatan Awarding LIGHTweight Challenge 2022 di Surabaya, Sabtu (14/1/2023)

SURABAYA (global-news.co.id) – Mengatasi obesitas sangatlah diperlukan untuk mencegah berbagai risiko kesehatan, baik jangka pendek, maupun jangka panjang. Selain untuk menunjang penampilan tentunya.

Karena itu upaya menurunkan berat badan menjadi ideal menjadi keharusan yang harus dilakukan. Berbagai program diet pun bermunculan, mulai yang instan hingga mengikuti gaya diet ekstrem para pesohor di dunia maya. Sayangnya tak semua program diet yang dijalankan berhasil, bahkan berujung pada memburuknya kesehatan.

Naomi Ernawati Lestari selaku Mind & Behavior Expert LIGHThouse menjelaskan agar program diet sukses, langkah awal untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola pikir pasien akan perilaku diet yang sehat dan seimbang. “Untuk mendapatkan berat badan ideal yang stabil, perlu adanya kesadaran masyarakat bahwa menurunkan berat badan dimulai dengan mindset yang benar akan program diet yang sehat, mindset ini akan berpengaruh pada pola perilaku pasien, bagaimana mereka mulai memahami bahwa diet yang cepat dan ekstrem guna mencapai berat badan ideal mereka belum tentu memberikan dampak positif dalam jangka panjang,” ujar Naomi, Sabtu (14/1/2023).

Dia menjelaskan dengan mengubah mindset, akan mampu mengubah perilaku seseorang sehingga terus termotivasi apa tujuan awal mereka melakukan penurunan badan. Mereka juga tidak mudah tergoda untuk menyantap makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. “Jika mindset sudah terbentuk akan mampu membangkitkan komitmen dan konsistensi, kontrol diri dalam menjalankan program diet. Menjalani diet bukan sesuatu yang menakutkan. Tetapi menyenangkan dan menyehatkan. Karena mereka tahu berapa kalori yang dibutuhkan tubuh dan apa yang harus dilakukan agar antara kalori yang masuk dan keluar seimbang,” katanya.

Hal seperti ini, lanjut Naomi yang diterapkannya saat menjadi pendamping bagi mereka yang menjalani program penurunan badan dalam kegiatan LIGHTweight Challenge.

Esty Meirizka selaku Head of Marketing LIGHThouse menjelaskan, program LIGHTweight Challenge merupakan kompetisi penurunan berat badan pertama di Indonesia yang menggunakan program komprehensif dan dipandu oleh tim medis.
Hadirnya kompetisi yang berlangsung di tiga kota yakni Surabaya, Medan dan Jakarta ini merupakan bagian dari komitmen LIGHThouse dalam mendukung gaya hidup sehat masyarakat Indonesia. LIGHThouse sebagai merupakan layanan kontrol berat badan dan kontur tubuh yang berdiri sejak 2004.

“Melalui program LWC, LIGHThouse ingin mengedukasi sekaligus menginspirasi para pejuang obesitas, bahwa diet dapat dilakukan dengan cara yang menyehatkan dan menyenangkan, hingga membantu para peserta lomba mencapai goal dan impian mereka akan berat badan ideal serta kesehatan yang optimal. Para finalis LWC ini diharapkan bisa menjadi role model yang menginspirasi dengan pengalaman mereka maupun kemampuan akan edukasi gaya hidup sehat ke masyarakat umum,” jelas Esty.

Memasuki tahun ke-8 penyelenggaraannya, rangkaian kegiatan dalam LWC kali ini pun dirancang secara komprehensif dan semenarik mungkin, serta tetap dalam pantauan tenaga profesional seperti dokter, ahli gizi, hingga psikolog dari Klinik LIGHThouse.

Tercatat lebih dari ribuan pendaftar antusias mengikuti proses registrasi LWC tahun ini, yang kemudian tersaring menjadi 55 orang finalis (20 dari Jabodetabek, 15 dari Medan dan 20 dari Surabaya) untuk menjalani program LIGHTweight, yakni program penurunan berat badan yang komprehensif, sederhana, namun tetap dikontrol dan dipandu langsung oleh ahli medis.

Sepanjang periode kompetisi, para finalis ditantang untuk mengikuti serangkaian program yang telah disusun, termasuk workshop dari Ahli Gizi dan Psikolog, mini group, serta beragam mini kompetisi setiap minggunya untuk memotivasi seluruh finalis mendapatkan hasil penurunan berat badan yang optimal.

Sicillia Wiendiyatni selaku pemenang kompetisi LWC 2022 menjelaskan dampingan para ahli selama menjalani kompetisi LIGHTweight Challenge sangatlah membantu, sehingga banyak manfaat yang bisa dia dapatkan. “Sekarang saya bisa lebih memahami karakteristik tubuh dan bagaimana pola menjaga kalori yang sesuai dengan kebutuhan tubuh saya,” jelas Sicillia. (tis)

baca juga :

Dapat Dukungan BNI, Kalaniwood Sukses Manfaatkan Limbah Jadi Craft

Redaksi Global News

Beasiswa Santri Tercapai 300 Persen Lebih

gas

ITS Rancang Inovasi Bilik Tes Swab COVID-19