Global-News.co.id
Sport Utama

Liga 1: Marselino Ferdinan, ‘Wonderkid’ Persebaya ke Belgia

Marselino Ferdinan, ‘Wonderkid’ Persebaya akan ke Belgia untuk menjalani tes

GRESIK (global-news.co.id) – Manajer Persebaya Surabaya Yahya Alkatiri mengungkapkan wonderkid andalan timnya dan Timnas Indonesia Marselino Ferdinan akan berangkat ke Belgia pada 25 Januari 2023.

“Untuk masalah Marsel kita lihat dulu perkembangannya, yang jelas minggu ini, Insya Allah 25 Januari, dia ke Belgia,” katanya usai pertandingan melawan Bhayangkara FC, di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (23/1/2023).

Informasi yang beredar, pemain kelahiran Surabaya tersebut akan bermain di Eropa, tepatnya di Liga Belgia. Oleh sebab itu, menurut mantan Manajer Persik Kediri tersebut, Marselino tidak bisa bermain saat ‘Bajul Ijo’ melawat ke kandang Madura United di Stadion Ratu Pamelingan, Pamekasan, untuk melakoni laga lanjutan pekan ke-21 Liga 1 musim kompetisi 2022/2023, Minggu, 29 Januari.

“Untuk kepastiannya akan ada pengumuman dari manajemen Persebaya,” ucapnya. Menurut dia, untuk mekanisme Marselino ke Belgia sudah ada pembicaraan dengan ofisial dan segera diumumkan.

Pelatih Persebaya Aji Santoso juga memberi dukungan untuk Marselino jika dirasa baik untuk jenjang karirnya ke depan.

“Untuk keberangkatan Marselino manajemen yang akan mengumumkan, yang jelas saya sebagai pelatih, misalkan Marselino ke luar negeri untuk menjalani trial dan lolos, saya akan bangga dan saya akan support,” katanya.

Tentunya, menurut dia, tim pelatih akan ikhlas melepas Marselino karena untuk perkembangan karirnya. “Oleh karena itu, kemarin saya bilang, jika Marsel ke luar negeri dan tidak kembali ke Indonesia, saya akan ikhlas,” ucapnya.

Menurut dia, paling tidak dirinya memberi sumbangsih kepada Marselino dalam perkembangan karir selama dia di Persebaya hingga dipanggil menjadi pemain Tim Nasional Indonesia.

Sementara itu, pelatih Bhayangkara FC Widodo Cahyono Putro juga turut mendukung kabar akan bermainnya Marselino ke liga luar negeri agar bisa menambah pengalaman dalam karirnya.

“Marselino ini talenta muda yang potensial yang dimiliki Persebaya bahkan Indonesia, saya harap dia berkembang dan berprestasi tidak hanya di dalam negeri tetapi bisa ke luar negeri,” kata Widodo.

Menurut dia, kalau memang opsi bermain di luar negeri itu ada, Marselino harus memanfaatkannya dengan baik.

Sementara, saat ditanya pers usai pertandingan melawan Bhayangkara FC, Marselino enggan berkomentar terkait statusnya yang akan ke Eropa. “Pak Manajer, ke Pak Manajer,” katanya singkat.

Marselino Ferdinan mengawali karir sepakbola bersama Bintang Timur di Kompetisi Kapal Api Persebaya (KKAP) Seri A U-15, kemudian kiprahnya berlanjut di ajang Elite Pro Academy U-16.

Pemain kelahiran 9 September 2004 tersebut mencatatkan namanya di papan skor saat Persebaya U-16 kalah 1-2 dari Kalteng Putra, kemudian kembali mempersembahkan gol di laga menghadapi Borneo FC.

Penampilan apiknya di Seri 1 kala itu membuat Marselino dipanggil mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-15, hingga menjadi bagian tim pada ajang Piala AFF U-15 2019.

Marselino bergabung dengan tim utama Persebaya di Liga 1 pada musim 2021/2022, adik kandung dari pemain PSIS Oktafianus Fernando tersebut melakukan debut pada 11 September 2021 dalam pertandingan melawan Persikabo.

Pada 6 November 2021, andalan Persebaya maupun Timnas Indonesia tersebut mencetak gol pertamanya pada pertandingan melawan Arema FC, yang berakhir imbang 2-2.

Hingga saat ini pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih mengandalkan Marselino untuk memperkuat tim Garuda, baik junior maupun ke level senior. (ntr, ins)

baca juga :

Piala Dunia 2022: Australia Wakil Asia Pertama ke 16 Besar

Redaksi Global News

Rayakan HUT ke-61, Pabrik Gresik-Semen Indonesia Gelar Beragam Acara

gas

Tinjau PPKM Hari Pertama, Forpimda Surabaya Sidak ke Sejumlah Pusat Perbelanjaan

Redaksi Global News