Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Metro Raya Utama

Gubernur Khofifah Nilai Pembangunan MRT Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pemprov Jatim mencanangkan pembangunan MRT di daerah aglomerasi Surabaya Raya, dengan menggandeng Japan International Coorporation Agency (JICA).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan rencana pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) sekaligus sebagai upaya mendongkrak pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah setempat.

Sementara, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mencanangkan pembangunan MRT di daerah aglomerasi Surabaya Raya, antara Surabaya-Sidoarjo, Surabaya-Gresik hingga daerah lain, dengan menggandeng Japan International Coorporation Agency (JICA).

“JICA telah melakukan survei awal pelaksanaan pembangunan MRT di Kota Surabaya. Laporan yang saya terima kemarin segera masuk pada tahap feasibility studies,” katanya, melalui keterangan tertulis, Rabu (25/1/2023).

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengungkapkan keberadaan MRT merupakan kebutuhan untuk menghasilkan transportasi publik yang cepat, aman dan nyaman. “Terutama untuk mengurai titik-titik kemacetan di wilayah aglomerasi Surabaya yang akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lebih signifikan,” ujarnya.

Khofifah menjelaskan mengurai kemacetan di Kota Surabaya membutuhkan integrasi dengan kawasan lain. Dia mencontohkan, pembangunan MRT bisa dimulai dari pintu masuk Surabaya yang terhubung sejak di Bundaran Waru sebagai  pertemuan dari titik antara Kabupaten Sidoarjo, Mojokerto dan Jombang.

Menurut dia, pembangunan MRT merupakan proyek yang membutuhkan investasi hingga pendanaan yang tidak murah, meski telah dirancang menggunakan pembiayaan dengan skema  kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU).

“Oleh karenanya, seluruh perencanaan harus dilakukan dengan maksimal agar transportasi publik bisa terintegrasi dan memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat Jawa Timur,” tuturnya. (fan, ins, ntr)

baca juga :

Liga 1: Sua Bhayangkara, Tekad Koko Ari Lanjutkan Tren Positif

Redaksi Global News

Hadapi Putaran II, Persebaya Gelar Pemeriksaan Otot Pemain

Redaksi Global News

Keekonomian Proyek Infrastruktur Gas Jadi Taruhan

gas