Global-News.co.id
Malang Raya Politik Utama

Gubernur Jatim Lantik Aries Agung sebagai Pj Walikota Batu

Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansa melantik Aries Agung Paewai sebagai Penjabat (Pj) Walikota Batu di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (19/1/2023).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aries Agung Paewai sebagai Penjabat (Pj) Walikota Batu di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Kamis (19/1/2023).

Pelantikan dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 100.2.1.3-63344 Tahun 2022 Tanggal 27 Desember 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Walikota Batu Provinsi Jawa Timur.

Pelantikan Pj Walikota Batu ini dilakukan karena masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Batu, yakni Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso telah berakhir pada tanggal 27 Desember 2022.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga telah menunjuk Sekretaris Daerah Kota Batu sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Batu Zadim Efisiensi yang merupakan Sekda Kota Batu sesuai Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 131/1452/011.2/2022 tanggal 27 Desember 2022.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah berpesan untuk melanjutkan seluruh program yang telah berjalan di Kota Batu, terutama pengembangan sektor wisata yang menjadi ikon.

Selain itu, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga berpesan agar Pj Walikota Batu memperkuat sektor industri kreatif.

“Jika sektor wisata terus dijaga dan dikembangkan, maka ia yakin juga akan mendongkrak perkembangan Kota Batu lebih pesat lagi. Mulai, sektor ekonomi, UMKM hingga industri kreatif di kawasan Malang Raya dan Jawa Timur,” ujarnya.

Selain itu, Khofifah berpesan agar program-program pemerintah pusat terkait Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres 80 tahun 2019 yang setiap tiga bulan progress-nya dilaporkan kepada pemerintah pusat, harus dikawal dengan baik.

“Apa yang menjadi slogan Kota Batu selama ini sebagai Kota Wisata tolong dijaga dan dikembangkan. Karena jika sektor pariwisata bergerak akan menggerakkan banyak sektor lainnya seperti  perhotelan, UMKM, transportasi serta sektor industri kreatif di Jatim,” ucapnya.

Gubernur Khofifah meminta Pj Walikota Batu segera berkolaborasi dan membangun kemitraan dengan seluruh elemen, terutama dengan jajaran eksekutif maupun legislatif.

Di tempat sama, Pj Walikota Batu Aries Agung Paewai berkomitmen menjalankan amanah yang diberikan demi kesejahteraan dan penguatan pembangunan di wilayah setempat.

“Fokus pertama saya adalah karena saya adalah penjabat walikota, tugas dari pemerintah pusat, kementerian dalam negeri dan ibu gubernur untuk menjalankan roda pemerintahan selama kekosongan sampai Pilkada nanti,” katanya.

Program yang paling utama adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kota Batu bisa berjalan dengan baik selama satu tahun ke depan sesuai dengan SK Kemendagri.

Selain itu, dalam waktu dekat pihaknya berupaya agar Kota Wisata Batu bisa menjadi kota pusat wisata di Jatim yang bisa dikembangkan dan dimajukan bersama. (fan, ins)

baca juga :

Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027

Redaksi Global News

Materi Arema FC Matang, Eduardo Almeida Tak Punya Alasan Gagal Juara

Redaksi Global News

SIG Ajak Masyarakat Ikut Peduli Lingkungan Melalui Gerakan #BerubahDariRumah 2.0

Redaksi Global News