Global-News.co.id
Metro Raya TNI Utama

Granat Nanas Berkarat Ditemukan di Balai Kota Surabaya

Sebuah granat nanas berkarat ditemukan di Balai Kota Surabaya dan diamankan tim Jibom Polda JatimĀ 

SURABAYA (global-news.co.id) – Benda yang diduga sebagai bahan peledak jenis Granat Nanas peninggalan Zaman Belanda ditemukan pekerja lepas di area Taman Surya sisi timur air mancur Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (7/1/2023).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu, mengatakan penemuan benda yang diduga sebagai bahan peledak jenis granat, bermula saat pekerja lepas taman Balai Kota Surabaya hendak memasukkan tanah ke pot untuk menanam tanaman sekitar pukul 11.40 WIB.

“Mengetahui ada benda asing yang mengkhawatirkan, petugas bergegas melaporkan hal itu kepada petugas piket Gedung Balai Kota Surabaya,” kata Yayuk, sapaan akrabnya Maria Theresia.

Menurut dia, granat tersebut saat ini telah diamankan oleh tim penjinak bom (Jibom) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jawa Timur.

“Penanganannya sekarang ini ditangani kepolisian. Kalau di Balai Kota Surabaya tidak ada masalah (keamanan) karena sebetulnya granat itu (berasal) dari tanah urukan (galian),” kata dia.

Yayuk menjelaskan, petugas piket Balai Kota Surabaya langsung melaporkan penemuan granat nanas tersebut ke Polsek Genteng, Command Center Room 112 dan dibantu BPBD Kota Surabaya dalam mengamankan tempat kejadian perkara (TKP).

Tidak berselang lama, anggota Polsek Genteng tiba di Taman Surya sisi Timur Air Mancur Balai Kota Surabaya guna mengamankan sekitar lokasi penemuan barang agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya, Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Jatim tiba di lokasi untuk mengidentifikasi granat nanas tersebut. Tim Penjinak Bom kemudian membawa barang tersebut untuk diamankan dan proses lebih lanjut.

Yayuk menegaskan, granat tersebut bukan berasal dari galian tanah di kawasan Taman Balai Kota Surabaya, melainkan berasal dari tanah galian/urukan yang didapat dari sungai di Jl Kangean Kota Surabaya untuk proses penataan taman di Balai Kota Surabaya.

Untuk itu, Yayuk memastikan, tidak ada permasalahan dengan keamanan di kawasan Balai Kota Surabaya.

“Granat itu bukan dari Balai Kota, tapi dari tanah urukan (galian) yang diambil dari saluran air. Kondisi granat nanas tersebut sudah berkarat dan terbungkus tanah yang diperkirakan peninggalan zaman Belanda,” kata dia. (pur)

baca juga :

Desa Devisa Terbanyak Ada di Jatim, Anik: Modal, Pelatihan, dan Pasar Menentukan

gas

Pemilu 2024: Sat Samapta Polresta Sidoarjo Cek Peralatan Dalmas

Redaksi Global News

Layanan Adminduk Kota Surabaya, Capaian Kinerja Lampaui Target Nasional

Redaksi Global News