Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Dunia 2022: Maroko ke Semifinal Usai Libas Portugal

Para pemain Maroko berselebrasi usai menang 1-0 dari Portugal di perempat finalĀ 

DOHA (global-news.co.id) – Perjalanan Portugal dan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia (PD) 2022 harus berakhir. Hal itu setelah kalah 0-1 oleh tim kejutan Maroko dalam laga perempat final di Al-Thumama Stadium, Doha pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Gol tunggal Youssef En-Neysri dalam pertandingan ini membawa Maroko melaju ke semifinal dan akan menghadapi pemenang dari pertandingan perempat final lainnya antara Prancis melawan Inggris. Kemenangan ini juga menjadikan Maroko sebagai negara Afrika pertama yang melaju ke Piala Dunia.

Portugal menciptakan peluang pertama saat pertandingan berjalan lima menit. Sebuah umpan dari sisi kanan disambut Joao Felix dengan diving header, tetapi bola masih bisa ditepis keluar oleh kiper Yassine Bounou.

Maroko membalas lewat serangan balik berbahaya. Yahiya Attiat-Allah melakukan overlap dari sayap kiri ke kotak penalti. Diogo Dalot bisa menghentikan pergerakannya hingga berujung sepak pojok. Sepak pojok kemudian bisa disundul Hakim Ziyech, tetapi upayanya masih melambung dari gawang Diogo Costa.

Portugal mengancam gawang Maroko pada menit ke-30. Sepakan Joao Felix dari luar kotak penalti mengenai Jawad El Yamiq hingga membuat bola berbelok, tetapi masih melenceng tipis dari gawang Maroko.

Lima menit berselang, giliran Maroko menciptakan peluang. Selim Amallah meneruskan umpan dari sisi kiri, tetapi tembakannya melambung. Sofiane Boufal kemudian melepaskan sepakan melengkung meski dengan masih terlalu mudah untuk dihentikan Diogo Costa.

Maroko berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-42. Attiat-Allah mengirim umpan dari sayap kiri ke kotak penalti yang bisa diselesaikan dengan tandukan Youssef En-Neysri ke gawang Portugal. Maroko memimpin 1-0.

Portugal hampir bisa menyamakan kedudukan jelang berakhirnya babak pertama, andai saja tembakan voli Bruno Fernandes tidak menghantam mistar gawang. Babak pertama berakhir dengan keunggulan 1-0 Maroko atas Portugal.

Usai turun minum, permainan tetap berlangsung sengit. Santos memasukkan Cristiano Ronaldo pada menit ke-52 untuk menggantikan Ruben Neves demi memberikan daya serang lebih.

Portugal membuat kans berbahaya pada menit ke-58. Sebuah umpan dari sayap kanan bisa disundul Goncalo Ramos di kotak penalti, tetapi arah bola masih melenceng tipis dari gawang Bounou. Lima menit kemudian, sepakan Bruno Fernandes dari dekat area penalti masih melambung. Keunggulan Maroko bertahan hingga peluit panjang babak kedua usai. (ntr, AFP, ins)

baca juga :

KPK Akui Sudah Lama Lakukan Penyadapan terhadap Bupati Sidoarjo

Redaksi Global News

Polda Jatim: Siswa Penganiaya Guru hingga Tewas Tetap Diproses Hukum

Redaksi Global News

Start-Up Milik Alumni Unair Raih Juara 1 Zona Timur Wirausaha Muda Mandiri

Redaksi Global News