Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF 2022: Theerathon Sangat Mungkin Bela Thailand Vs Indonesia

Kapten tim nasional Thailand sangat mungkin diturunkan lawan Indonesia

JAKARTA (global-news.co.id) – Pelatih tim nasional Thailand Alexandre Polking mengatakan, kapten skuadnya Theerathon Bunmathan, yang cedera saat melawan Filipina, Senin (26/12), kemungkinan bermain kontra Indonesia pada laga lanjutan Grup A Piala AFF 2022, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

“Kami harus mengecek kondisinya lagi. Namun saya percaya dia sudah oke,” ujar Alexandre pada konferensi pers sebelum pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu.

Theerathon adalah pemain timnas Thailand yang perannya nyaris tidak tergantikan. Dia dapat mengisi beberapa posisi di lapangan meski sejatinya berposisi sebagai bek kiri.

Di Piala AFF 2022, Theerathon diplot menjadi gelandang dan berduet dengan Sarach Yooyen. Hasilnya, pesepakbola berusia 32 tahun itu sudah membuat tiga “assist” untuk membantu Thailand memuncaki klasemen sementara Grup A.

Soal perubahan posisi itu, Alexandre Polking menegaskan, Theerathon sudah terbiasa berperan sebagai gelandang di klubnya di Liga Thailand, Buriram United.

“Theerathon pemain berpengalaman dan kapten tim saya. Kami berdiskusi di mana posisi terbaiknya di tim dan kami memutuskan dia bermain di lini tengah bersama Sarach (Yooyen, red). Mereka sudah saling mengerti dan memiliki kualitas yang bagus dalam mengolah bola. Itu cocok dengan gaya permainan kami yang menguasai bola,” kata juru taktik asal Brazil itu.

Pemain timnas Indonesia Asnawi Mangkualam juga menyadari kualitas bagus yang dimiliki Theerathon.

Karena itu, skuad berjuluk Garuda, menurut Asnawi, telah memiliki strategi untuk meredam permainan Theerathon dan juga rekan-rekannya.

“Kami sudah mengantisipasi gaya bermain Theerathon. Besok, siapa yang mentalitasnya kuat, itulah pemenang,” tutur pemain klub Ansan Greeners Korea Selatan itu.

Pertandingan Indonesia versus Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12), mulai pukul 16.30 WIB. Pemenang laga ini akan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Berdasarkan laman 11v11.com, Indonesia tidak memiliki rekor yang bagus saat bersua Thailand mulai tahun 1957. Total, kedua tim bertanding di 80 laga, di mana Indonesia kalah 40 kali dan 25 kali menang. Sisanya tuntas dengan imbang.

Pada enam pertemuan terakhir sejak tahun 2016, Indonesia bahkan tidak mampu mengalahkan Thailand. Sepanjang itu, Indonesia cuma mampu memaksakan dua hasil seri dan sisanya tuntas dengan kekalahan. (ntr, ins)

baca juga :

Program Inovasi LADEPAK Diluncurkan Perdana di Desa Napo Daya Kec. Omben Kab. SampangĀ 

gas

Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri, Karniel Pacific Indonesia Siap Rambah Pasar Australia

Redaksi Global News

Dua Desa di Kabupaten Lumajang Masuk 300 Besar ADWI 2021

Redaksi Global News