Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF 2022: Shin Nilai Thailand Tetap Kuat Tanpa Dua Bintangnya

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersiap memimpin sesi latihan jelang Piala AFF 2022 bersama Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12/2022). (foto: Antara)

JAKARTA (global-news.co.id) – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong menganggap Thailand tetap merupakan tim kuat meski dua pemain bintangnya, Chanathip Songkrasin dan Thanawat Suenghitthawon, tak akan tampil dalam Piala AFF 2022.

Shin Tae-yong juga menegaskan, dia tidak terlalu memusingkan materi maupun komposisi tim lawan karena menurutnya yang terpenting adalah fokus terhadap peningkatan performa para pemain Garuda.

“Saya sama sekali tak pernah memikirkan jika Thailand akan menjadi tim lemah karena saya sangat fokus ke timnas kami,” ungkap Shin Tae-yong di sela-sela latihan timnas di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa.

Chanathip merupakan salah satu pemain penting yang turut membawa Thailand menjuarai Piala AFF 2020, yang digelar pada 2021, untuk keenam kalinya. Pemain yang kini membela klub J1 League Kawasaki Frontale itu bahkan dinobatkan sebagai pemain terbaik (MVP) dalam ajang tersebut untuk ketiga-kalinya.

Namun Shin Tae-yong memperkirakan Thailand tetap akan menjadi lawan yang sulit meski tanpa Chanathip dan Thanawat.

“Saya kira Thailand tetap tim kuat meski tanpa dua pemain itu. Thailand tetap tim baik di ASEAN,” ujar dia.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan keadaan Thailand juga turut dirasakan timnas Indonesia yang harus kehilangan dua pemain, yakni Elkan Baggott dan Sandy Walsh.

Kedua pemain tersebut tak mendapat izin dari klubnya masing-masing untuk bermain di Piala AFF yang tidak masuk dalam kalender FIFA.

Indonesia akan berhadapan dengan juara bertahan Thailand pada fase Grup A Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 29 Desember.

Namun sebelumnya, Pratama Arhan dkk akan terlebih dulu melawan Kamboja pada 23 Desember di tempat yang sama. Selanjutnya, Indonesia akan bertolak ke Brunei Darussalam (26/12) dan Filipina (2/1). (ntr, psi, ola)

baca juga :

Khofifah Bagikan 1,3 Juta Kartu Internet Gratis untuk Pelajar SMA, SMK, SLB

Redaksi Global News

8 Mei: Di Indonesia 13.112 Positif Corona, 2.494 Sembuh, 943 Meninggal

Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Sidoarjo Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan