Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Ngobrol Santai, Tingkatkan Komitmen Bangun Sidoarjo Lebih Baik

SIDOARJO (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo terus berbenah diri. Tidak sedikit prestasi yang telah ditorehkan oleh kabupaten yang memiliki jargon Kota UMKM ini, selama tiga tahun ini.

Dalam kaitan ini Pemkab Sidoarjo menggelar Ngobrol Santai bersama Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD serta insan media dengan tema Merajut Kebersamaan ‘Menuju 17 Program Sidoarjo Mas’, yang digelar di RM Heritage of Handayani Kahuripan Raya Kav 27 A Sidoarjo, Kamis (15/12/2022).

Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman mengatakan DPRD Kabupaten Sidoarjo harus menjadi rumah rakyat dan siapapun boleh masuk untuk bersama-sama membangun Sidoarjo lebih baik.

“Sebelum bupati dan wakil bupati habis masa kerjanya, mereka harus sudah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan RPJMD. RPJMD itu merupakan produk bersama bupati dengan dewan. Jika bupati gagal mengerjakan RPJMD itu artinya dewan juga gagal,” kata Usman pada acara tersebut.

Politisi PKB ini juga menambahkan, wujud tanggung jawab dan komitmen bupati dan dewan untuk membangun Kabupaten Sidoarjo sesuai dengan RPJMD. Untuk membangun Sidoarjo menjadi lebih baik lagi dibutuhkan kerjasama semua pihak, pembangunan Sidoarjo tidak bisa dilakukan sendiri oleh bupati, dewan ataupun TNI/Polri tetapi peran serta aktif dari masyarakat juga sangat menentukan.

Selanjutnya Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor menjelaskan secara bertahap 17 program bupati dan wakil bupati Sidoarjo dilaksanakan. Salah satunya adalah Program Kartu Perempuan Usaha Mandiri (Kurma) dan program pencairan insentif RT RW di Sidoarjo.

“Kurma dan Insentif RT RW adalah salah satu dari 17 program yang kami janjikan dulu. Meskipun dalam pelaksanaannya Program Kurma menjadi sorotan namun program tersebut tetap dilaksanakan,” kata bupati yang akrab disapa Gus Muhdlor ini.

Gus Muhdlor juga menjelaskan mengapa Program Kurma menjadi pembicaraan yang cukup panas karena masih banyak warga yang belum mendapatkan informasi. Namun hal ini bukan kesalahan dari pemerintah, sebab sosialisasi sudah dilakukan secara menyeluruh melalui kecamatan yang diteruskan ke tingkat kelurahan dan desa lalu diteruskan ke tingkat RW dan ke tingkat RT.

“Sidoarjo ini adalah kota urban, mungkin masih ada warga yang kurang bersosialisasi dengan tetangga atau bahkan tidak mengenal Ketua RT-nya. Kalau dengan lingkungannya saja kurang sosialisasi bagaimana warga itu bisa mendapatkan informasi terkait program pemerintah?” jelasnya.

Untuk itu, sambung Gus Muhdlor, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat di Sidoarjo terkait 17 program pemerintah tersebut. Diharapkan seluruh masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan mudah, cukup dalam genggaman saja. Di era digital ini, Pemerintah Sidoarjo juga telah membuat aplikasi yang sangat mudah untuk diakses oleh seluruh masyarakat Sidoarjo.

“Melalui Sipraja, kami berharap setiap warga Sidoarjo bisa mendapatkan informasi dan tidak lagi ketinggalan informasi,” ucapnya.

Acara tersebut selain dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo dan Bupati Sidoarjo juga dihadiri oleh Kapolres Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro, Dandim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf Marasum Djati laksono, dan Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, dan saling berbagi informasi.

Selain Ahmad Muhdlor, ketiga undangan juga menyoroti tentang keamanan di Sidoarjo, apalagi beberapa waktu terakhir cukup banyak aksi kenakalan remaja yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Kita sebagai generasi senior harus selalu mengarahkan generasi muda untuk siap melanjutkan tongkat estafet pembangunan Sidoarjo kita tercinta,” ucap Letkol Inf Marasum, Djati Laksono.

Selanjutnya juga dijelaskan Kusumo Wahyu Kuncoro, ada beberapa titik yang sering menjadi tempat kejadian perkara kenakalan remaja di Sidoarjo. Untuk itu, polisi mengharapkan kepada seluruh orang tua untuk lebih memperhatikan putri-putrinya agar tidak terjerat ke dalam pergaulan yang tidak baik. (*)

baca juga :

Unggul Dalam Ekspor Produk Daerah, BNI Xpora Terima Penghargaan

Redaksi Global News

FIFA Matchday: Timnas Vs Turkmenistan, Nadeo Berharap Dukungan Warga Surabaya

Redaksi Global News

Pemkot Surabaya Bantu Perahu Wisata untuk Tiga KUB

Redaksi Global News