Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Inovasi Program Lontong Balap Pemkot Surabaya Raih Penghargaan Kovablik Jatim 2022

inovasi program Lontong Balap Pemkot Surabaya berhasil meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur Tahun 2022

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu bukti primanya pelayanan publik di Surabaya melalui sejumlah inovasi ini adalah berhasil meraih berbagai penghargaan.

Kali ini, inovasi program Lontong Balap (Layanan Online Terpadu One Gate System bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Pengadilan Negeri) berhasil meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur Tahun 2022 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim).

Penghargaan itu diterima Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji mewakili Walikota Surabaya Eri Cahyadi dalam acara yang berlangsung di Alun-Alun Ki Reksogati Caruban, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Rabu (7/12/2022).

Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji memastikan, Pemkot akan terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi warga Surabaya. Ini sebagaimana apresiasi yang diberikan oleh Pemprov Jawa Timur berupa penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Pemprov Jatim 2022 dalam program Lontong Balap.

“Sejak pertama diluncurkan tahun lalu oleh Pak Walikota (Eri Cahyadi), melalui program Lontong Balap sudah 9 kali dilakukan sidang oleh PN (Pengadilan Negeri) di tahun 2021 dan 18 kali sidang oleh PN di tahun 2022 dengan total peserta sidang yang dilayani sebanyak 446 perkara terkait kependudukan,” kata Agus Imam Sonhaji, Kamis (8/12/2022).

Agus menjelaskan, kebutuhan warga untuk permohonan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) yang membutuhkan penetapan Pengadilan Negeri (PN), dapat dilakukan melalui program Lontong Balap. Setidaknya ada 14 jenis layanan adminduk yang bisa diakses warga melalui program tersebut.

“Sebanyak 14 jenis layanan seperti ganti nama, akta kematian bagi warga yang tidak punya dokumen kependudukan dan lainnya, cukup diajukan di kantor kelurahan. Selanjutnya dokumen permohonan akan terkirim ke PN dan ke Dispendukcapil dalam bentuk digital,” kata Agus.

Setelah dokumen diverifikasi dan dinyatakan lengkap sesuai persyaratan, Agus memastikan, maka dapat diagendakan sidang oleh Pengadilan Negeri (PN) di luar Gedung PN, yaitu di Siola atau pendopo kecamatan/ kelurahan.

“Dulunya warga harus mengajukan sendiri-sendiri ke PN dan Dispendukcapil, tapi sekarang dengan sistem one gate system lewat kelurahan menjadi lebih ringkas dan cepat,” kata dia.

Di samping itu, kata dia, Walikota Eri Cahyadi meluncurkan program Lontong Balap selain untuk mempermudah warga, juga supaya masyarakat tidak perlu membayar biaya ke pihak-pihak yang tidak ada hubungan dengan pelayanan. “Karena prosesnya cukup online dari kelurahan dan tidak ketemu dengan orang-orang yang tidak perlu ditemui (calo),” imbuhnya.

Agus juga menambahkan, pada akhir tahun 2022 ini, pihaknya sedang merancang pengembangan program Lontong Balap. Pengembangan program Lontong Balap ini tentunya dilakukan dengan berbagai penambahan inovasi.

“Ini diharapkan dapat semakin membuat nyaman warga yang membutuhkan layanan Adminduk agar dapat diterapkan di tahun 2023 nanti,” kata dia. (pur)

baca juga :

Pemkot Surabaya Siap Kirim Alat Berat dan SDM Bantu Korban Bencana di Jatim

Redaksi Global News

Tas dan Dompet Kulit Produksi UMKM Binaan SIG Jadi Primadona di Bazar UMKM untuk Indonesia

Redaksi Global News

Batas Baru Barang Impor Kena Pajak Berlaku 30 Januari 2020

Redaksi Global News