Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto TNI Utama

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Apel Siaga PAM Natal 2022

 

SIDOARJO (global-news.co.id) – Meski cuaca mendung dengan diiringi hujan rintik-rintik yang bertepatan dengan malam Natal 2022 tidak menyurutkan Polresta Sidoarjo melaksanakan giat apel siaga Pam Natal 2022 di halaman Mapolresta Sidoarjo Sabtu (24/12/2022) pukul 16.00 WIB.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, penjagaan sudah mulai dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya untuk perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Dan untuk hari ini adalah sudah dilaksanakan dari mulai pagi tadi termasuk dilaksanakannya dari tim Penjinak Bom (Jibom) untuk pengecekan ke gereja-gereja”, ujarnya.

Ia juga mengatakan, pelaksanaan pengamanan istilahnya untuk antisipasi apabila ada yang meletakkan benda dan lain sebagainya artinya itu adalah kegiatan sterilisasi sudah dilakukan pagi tadi.

Kemudian setelah itu personel mulai malam pun sudah insert di gereja-gereja dan kali ini semuanya melaksanakan apel gelar pasukan untuk pengamanan Malam Natal 2022. “Kali ini dan kemudian nanti kita juga akan mengecek satu persatu gereja-gereja yang mengadakan kegiatan misa-misa Natal 2022,” sambungnya.

Kapolresta Sidoarjo juga menambahkan bahwa personel yang dikerahkan dari Polresta sekitar 350 kemudian dari Sabara Polda sekitar 100 personel, dari Brimob 30 personel. “Kami juga didukung TNI serta instansi terkait,” ujarnya.

Amankan Misa Natal, Polisi Sterilisasi Gereja Sidoarjo

Sementara demi amankan ibadah Misa Natal 2022 dari ancaman teror, tim penjinak bom (jibom) Gegana Satbrimob Polda Jatim melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Sidoarjo, Sabtu (24/12/2022).

Seperti berlangsung di Gereja Elohim, Gereja Santa Maria Annuntiata, Gereja Salib Suci, serta beberapa gereja lainnya.

Sterilisasi dilakukan mulai dari depan gereja, lokasi parkir, pintu masuk gereja, taman di sekitar gereja, hingga bagian dalam sampai altar. Tak ketinggalan, pemeriksaan dilakukan di pot-pot bunga bahkan tempat sampah.

Kabag Ops Polresta Sidoarjo Kompol Kadek Oka Suparta mengatakan bahwa untuk menjamin rasa aman dan nyaman kepada umat Kristen yang akan menjalankan misa Natal, #polrestasidoarjo menurunkan tim Jibom dari Sat Brimob Polda Jatim untuk lakukan sterilisasi gereja-gereja di Sidoarjo.

“Semua sudut kami lakukan pemeriksaan, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para jemaat yang akan melakukan ibadah saat Hari Raya Natal,” kata Kompol Kadek Oka Suparta.

Ia menambahkan untuk menjaga keamanan gereja saat Natal tahun ini, telah disebar sekitar 750 personel Polresta Sidoarjo dan jajaran, dengan melibatkan dukungan personel dari TNI, juga ada Satpol PP, Banser, dan pihak terkait lain.

“Selain prioritas pada faktor keamanan gereja dan jemaat. Personel gabungan juga menghimbau disiplin protokol kesehatan benar-benar penerapannya saat berlangsung ibadah Misal Natal 2022,” tambahnya.

Saat berlangsunnya Misa Natal semua jemaat dan pihak pengurus gereja diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, jaga jarak, serta di lokasi misa natal disediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer dan jemaat diharuskan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua atau ketiga. (*)

baca juga :

Satgas dan Warga Semangat di Bawah Terik Matahari yang Panas

Titis Global News

JFC Digelar Agustus, Menpar: Jember jadi Kota Karnaval

Soal Penanggulangan Banjir, DPRD Surabaya Dorong Pemkot Miliki Aturan Perda