Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Politik Utama

Sinergi KPU Sidoarjo dan Media dalam Sukseskan Pemilu 2024

SIDOARJO (global-news.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jumat (25/11/2022), melaksanakan sosialisasi bersama dengan insan pers bertema Sinergitas KPU dan Media Massa dalam Mensukseskan Pemilu Tahun 2024 di Kantor KPUD Sidoarjo.

Hal ini dilakukan secara bertahap agar hubungan KPU Sidoarjo dan media dalam menyosialisasikan tahapan Pemilu nanti bisa berjalan secara baik dan sehat.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo, Mohamad Iskak, SE mengatakan, kegiatan Ngumpul Bareng wartawan ini bertujuan menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pemilu Sehat di Tahun 2024 mendatang.

Iskak juga memaparkan penyelenggara Pemilu seperti KPU Sidoarjo ini, tidak akan mungkin melakukan kegiatan Pemilu secara maksimal kalau tidak dibantu media dari para wartawan.

“Kami sangat membutuhkan peran serta media dalam konteks Pemilu tahun 2024, juga sangat berharap setelah kegiatan bahkan sebelumnya mari kita jaga solidnya sinergitas terutama di dalam hal sosialisasi dan seluruh kegiatan pada tahapan Pemilu 2024 nanti,” ucapnya.

Dia menekankan pada prinsipnya sinergitas KPU dengan media akan terjalin lebih baik lagi dengan saling memahami apa tugas masing-masing.

“Kita ketahui bersama tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 sudah dimulai 14 Juni 2022, artinya KPU Sidoarjo sudah melaksanakan kegiatan persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang,” ujarnya.

Diakuinya, KPU Kabupaten Sidoarjo memiliki kekurangan sarana dan prasarana dalam sinergitas dengan media, maka hal ini dikemas dengan ngopi bareng dalam upaya melakukan sosialisasi persiapan Pemilu 2024. Namun tahap selanjutnya akan dilaksanakan lagi dengan lebih baik agar sinergitas yang terjadi untuk sosialisasi ke masyarakat jauh lebih baik.

Sementara itu, Habib M Rohan yang dihadirkan sebagai narasumber dalam kegiatan ini menambahkan, berita atau informasi yang disampaikan media sangat faktual dan bisa dipertanggung-jawabkan karena terikat dalam payung hukum kode etika jurnalistik. Contohnya, saat dirinya masih bertugas di KPU Jember, ia mengaku sangat dekat dengan wartawan sebagai sumber informasi berita.

Ia berharap kondisi media dengan KPU Sidoarjo terjalin dengan baik yang disertai kondisi yang rukun, apapun kepentingan di dalam bereksplorasi.

“Sebagai media karena kata kuncinya tetap pada kode etik jurnalistik dan terdaftar resmi di dewan pers, sebagai corong kepada masyarakat untuk menyampaikan informasi yang benar terkait materi seputar penyelenggaran Pemilu yang sehat,” jelasnya. (win)

baca juga :

Bank Jatim dan Yekape Dukung Digitalisasi Pelayanan Publik Surabaya

Legislator Minta Pemerintah Beri Solusi Kewajiban PCR Perjalanan Udara

Redaksi Global News

Tim Evakuasi Perlu Ditambah, Cakupan Wilayah Terdampak Cukup Luas

Redaksi Global News