Global-News.co.id
Madura Utama

Saputangan Biru dan Vaksin Berhadiah Raih Penghargaan Internasional

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Program inovatif mencetak sepuluh ribu wirausaha baru tahun 2020, atau yang lebih keren dikenal dengan nama Program Sepuluh Ribu Pengusaha Baru (Saputangan Biru) dan program pelaksanaan vaksin berhadiah dalam menangani Covid 19 tahun lalu yang dilaksanakan Pemkab Pamekasan mendapat penghargaan internasional.
Penghargaan itu berasal dari  Lembaga Prestasi Indonesia Dunia  (Leprid). Penghargaan diserahkan  langsung oleh  Paulus Pangka SH  Ketua Umum dan Pendiri Leprid, pada upacara memperingati Hari Jadi Pamekasan ke 492 di lapangan Nagara Bhakti, Kamis (3/11/22), kepada Wakil Bupati Pamekasan Dr Ir RB Fattah Jasin MS mewakili Bupati Baddrut Tamam.
Lembaga Prestasi Indonesia Dunia adalah sebuah Lembaga independent yang memberikan penghargaan pada prestasi dan rekor insan Indonesia secara profesional, akuntable dan transparan serta bermartabat. Lembaga ini telah terdaftar secara resmi di Pengadilan Negeri Semarang,  sejak tahun 2013 lalu dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM tahun 2017 lalu.
Paulus Rangka saat ditemui wartawan usai penyerahan penghargaan itu menyampaikan bahwa program Saputangan Biru yang digagas Bupati Pamekasan Baddrut Tamam sejak tahun 2020, merupakan bentuk program komitmen untuk kebangkitan ekonomi pasca covid 19. Harapannya dengan lahirnya pengusaha baru  bisa ikut mengurangi pengangguran dan muncul entrepreneur baru.
“Hasilnya tercatat bahwa dari tahun 2020 hingga tahun 2022 telah  mencapai 4.670 peserta pelatihan terlatih. Dan terealisasi  selama satu tahun  2020-2021 mencapai  2.591 wirausaha baru, ini sebuah terobosan yang membanggakan dan inspiratif, sehigga menjadi  contoh bagi daerah lainnya di Indonesia,” kata Paulus.
Yang kedua, lanjut Paulus, adalah terobosan Baddrut Tamam saat menggelar program vaksinasi berhadiah yang dimulai tanggal  17 Januari  sampai 10 Maret 2022. Kegiatan vaksinasi berhadiah ini dilaksanakan di 13 kecamatan yang ada di kabupaten Pamekasan, dalam rangka membangun partisipasi masyarakat guna membentuk kekebalan kelompok atau heard immunity ditengah pandemic covid 19.
Paulus mengatakan vaksinasi berhadiah itu merupakan terobosan Bupati Baddrut Tamam untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi pada saat masyarakat tengah jadi korban berbagai  informasi hoax tentang vaksinasi. Akhirnya masyarakat sadar dan mengikuti vaksinasi.
Penghargaan yang diberikan Leprid, selain berbentuk sertifikat,  ada juga piala dan medali.  Medali pertama diberikan kepada  Bupati Baddrut Tamam sebagai penggagas dua program inovatif tersebut dan yang kedua diberikan kepada para pimpinan OPD  selaku penyelenggara program tersebut. (mas)

baca juga :

Liga 1: Bersama Persik Kediri, Supriadi Temukan Kepercayaan Diri

KPU Tuban Belum Sediakan APK Cakada

Redaksi Global News

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia