Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Pesona Kopi Nusantara hingga Kreasi Jajanan Pasar Ramaikan Java Coffee Culture 2022

Gelaran Pesona Kopi Jawa sebagai puncak rangkaian acara Java Coffee Culture 2022 di Jl Tunjungan, Surabaya, Minggu (27/11/2022) malam.

SURABAYA (global-news.co.id) – Bank Indonesia terus berkomitmen dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif, salah satunya melalui komoditas unggulan kopi. Komitmen tersebut ditunjukkan melalui gelaran Pesona Kopi Jawa sebagai puncak rangkaian acara Java Coffee Culture 2022 di Jalan Tunjungan, Surabaya, Minggu (27/11/2022) malam.

Dalam kegiatan tersebut, berbagai suguhan menarik dapat dinikmati masyarakat umum seperti showcase kopi nusantara, kreasi jajanan pasar hingga sejumlah atraksi carnival.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto menyampaikan bahwa Penyelenggaraan JCC 2022 ini dimulai di hari pertama dengan eduCoffee (coffeetalk dan coffeepreneur), cupping experience (business matching), workshop brewing, showcase UMKM, dan dilanjutkan dengan berbagai lomba dan kompetisi.

Jumlah pengunjung hari kedua JCC 2022 mencapai 5.329 orang. Adapun peserta yang mengikuti acara EduCoffee dan Workshop Brewing, pada hari pertama sebanyak 1.945 peserta umum dan 33 pelaku UMKM. “ Ini menandakan kecintaan masyarakat terhadap produk kopi di Jawa yang sangat tinggi,” katanya.

Dijelaskan Budi Hanoto, beberapa program Business Matching yang dilalui UMKM kopi diantaranya cupping test dengan mengklasifikasikan kualitas dan citarasa kopi sebagai proses quality control, cupping experience oleh para potential buyer, dan kerjasama platform digital pemasaran kopi. Adapun capaian business matching yang diikuti oleh 42 UMKM yang terdiri dari UMKM Binaan BI dan Mitra BI telah berpartisipasi adalah sebesar Rp 10 miliar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa ekonomi kreatif merupakan solusi dan pilar utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Sektor ekonomi kreatif berkontribusi sebesar Rp 1.300 triliun atau 7,4% pada PDB Nasional menempatkan Indonesia pada peringkat 3 besar dunia dengan 3 sub sektor unggulan yakni Fesyen, Kuliner dan Kriya.

Dalam sub sektor kuliner, komoditas kopi menjadi salah satu komoditas unggulan yang terus didorong untuk ekspor. Ekspor kopi Indonesia saat ini mencapai 384.52 ribu ton dengan nilai total 849,37 juta dolar AS.

Provinsi Jawa Timur merupakan pengekspor kopi terbesar ketiga di Indonesia, setelah Provinsi Lampung dan Sumatera Utara, dengan tujuan ekspor utama ke Amerika Serikat, Mesir dan Malaysia.

“Secara khusus, kami berharap even JCC ini dapat mendukung ekonomi kreatif khususnya komoditas kopi. Even-even seperti ini juga diharapkan dapat terus mendukung tingkat konsumsi kopi nusantara yang terus menjadi primadona di negeri sendiri dengan tetap memberikan kualitas terbaik,” kata Sandiaga Uno.

Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia menyampaikan bahwa sebagai mitra strategis Bank Indonesia, Komisi XI terus mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM salah satunya komoditas kopi.
“Kegiatan JCC ini diharapkan tidak hanya berhenti di sini namun menjadi event tahunan Surabaya yang terus kita kawal bersama agar menjadi ikon Surabaya. Nantinya, cakupan event ini diharapkan bisa diperbesar lagi menjadi Indonesia, tidak hanya Jawa,” katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhi Karyono menyampaikan bahwa, misi dagang antar provinsi maupun ke luar negeri terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi, salah satunya dengan mempromosikan komoditas unggulan yaitu kopi. Saat ini Gubernur Jawa Timur sedang melaksanakan misi dagang luar negeri di wilayah Riyadh, Alexandria dengan total komitmen penjualan sebesar 5 juta dolar AS ekspor kopi Jawa Timur.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga terus berkomitmen dengan melakukan community branding kopi, ada Arabica Ijen, Jember dan Madiun. Saat ini mayoritas kopi diekspor dalam bentuk green bean. Hal tersebut menandakan masih ada ruang optimalisasi kreativitas dan inovasi dalam memperkuat value added kopi dari sisi off farm yang terus digarap oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama dengan mitra strategis lainnya.

Java Coffee Culture 2022 ditutup dengan pengumuman berbagai kompetisi menarik, seperti kompetisi Barista dalam membuat free-pour latte, lomba cover lagu sebagai wujud penuangan rasa cinta kopi melalui musik, kreativitas kaum milennial melalui reels competition, dan kreasi pangan berbahan dasar kopi. Seluruh informasi pemenang dapat dilihat dalam media sosial Bank Indonesia. (tis, fan)

baca juga :

Adinda Larasati Terbanyak Raih Emas, Inilah Daftar Peraih Medali Renang PON XX

Redaksi Global News

Mulai 18 Desember, Terbang ke Bali Wajib Tes PCR H-2 Sebelum Berangkat

Redaksi Global News

Fashion Week