Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Perkenalkan Komoditas Kopi Wilayah Jawa, BI Jatim Gelar Java Coffee Culture 2022

Kepala Perwakilan BI Jatim Budi Hanoto (tengah) bersama Kepala Divisi Implementasi KEKDA Dadal Angkoro Dan Deputi Kepala Perwakilan Bandoe Widiarto

SURABAYA (global-news.co.id) – Berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya dan Puslitkoka Indonesia, Bank Indonesia BI Jawa Timur akan menggelar Java Coffee Culture JCC bertajuk Beyond a Cup of Coffee di Jl Tunjungan Surabaya pada 26-27 November 2022.

Kepala Perwakilan BI Jawa Timur Budi Hanoto mengatakan JCC akan menjadi salah satu potensi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. “Even ini penting karena meningkatkan eksposour, daya saing kopi, penjualan domestik hingga ekspor, mendiversifikasikan produk kopi, hingga memperkuat hubungan linkage komoditas kopi Jawa ,” jelas Budi Hanoto kepada media, Rabu (23/11/2022).

Ia melanjutkan bahwa saat ini Indonesia berada di peringkat kelima besar produsen kopi dengan jumlah 99 ribu ton kopi di 2021 di Pulau Jawa. Jumlah ini didominasi kopi dari Jawa Timur sebanyak 49 ribu ton.
Kinerja ekspor pun tumbuh 29,1 persen pada triwulan III 2022 atau 62,5 juta dolar AS. Namun kita masih dihadapkan pada tantangan permodalan petani dan pengolah kopi, kualitas biji kopi, suplai chain yang masih panjang, pemasaran yang terbatas dan kurangnya akses ekspor bagi petani kopi skala kecil.

Karena itu tambah Budi, melalui Java Coffee Culture 2022 diharapkan bisa memperkenalkan keunggulan dan keanekaragaman kopi dari wilayah Jawa. Kegiatan yang dirancang sebagai even tahunan regional ini juga memperkenalkan value, sejarah, filosofi dari seluruh kopi special di Jawa.

“Selain itu JCC juga sebagai tempat bertemunya pecinta kopi, pebisnis, investor, dan penggiat kopi serta ajang inovasi produk kopi, memperkaya pengetahuan tentang kopi hingga sarana pemasaran produk kopi lokal ke global,” ujarnya.

JCC 2022 yang dipusatkan di Jalan Tunjungan Surabaya melibatkan 14 mitra strategis BI termasuk Pemkot Surabaya. Kegiatan diisi dengan educoffee, talkshow, workshop, business matching, kompetisi hingga fun games. (tis, fan)

baca juga :

Tinjau Rencana Kawasan Industri Halal, Khofifah Berharap IKM dan UKM Jatim Bisa Jadi Pemain Global

Redaksi Global News

Pemkab Sidoarjo Kembangkan Pertanian Urban Farming

gas

Pimpinan DPRD Surabaya Ungkapan Duka Cita Wafatnya Ratih Retnowati

Redaksi Global News