Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Misi Dagang dan Investasi: Gubernur Khofifah Persilakan Investor Sulsel Buka Pabrik di PT SIER

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam forum investor dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di sela Misi Dagang dan Investasi di Kota Makassar, Kamis (17/11/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mempersilakan investor asal Sulawesi Selatan membuka pabrik di PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

“SIER juga memiliki PIER yang lahannya masih luas. Lokasinya sangat strategis. Memiliki sarana dan prasarana kawasan industri yang terintegrasi dan lengkap,” ujarnya di hadapan forum investor dan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di sela Misi Dagang dan Investasi di Kota Makassar, Kamis (17/11/2022).

Dalam siaran pers, mantan menteri sosial itu juga menyampaikan, SIER dan PIER memiliki pengolahan limbah atau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sangat baik, terlebih iklim investasi di Jatim sedang bagus dan positif.

Sekadar catatan, PIER atau Pasuruan Industrial Estate Rembang merupakan kawasan industri yang berada di bawah manajemen SIER.

Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono yang hadir dalam acara tersebut berterima kasih kepada Gubernur Jatim karena secara aktif mengundang investor.

Menurut dia, hal tersebut menjadi bukti keseriusan Khofifah membangun ketahanan ekonomi serta meningkatkan iklim investasi di Jatim. “Lahan kami di PIER siap menyambut investor yang tertarik masuk ke Jatim,” kata dia.

Gubernur, lanjut Didik, sangat aktif dalam menggalang potensi ekonomi baik untuk peluang ekspor produk maupun mengundang investasi masuk Jatim.

“Instruksi beliau jelas, agar kami terus mewujudkan pengelolaan kawasan industri yang hijau, modern dan terintegrasi di Jatim,” tutur Didong, sapaan akrabnya.

Sementara itu, dijelaskan oleh Didik bahwa di bawah kepemimpinan Gubernur Khofifah, pertumbuhan ekonomi Jatim menunjukkan progress sangat baik.

Pada kuartal III 2022, pertumbuhan ekonomi Jatim berada di posisi 5,58 persen, lalu capaian PDRB Jatim mencatatkan pertumbuhan sebesar 2,15 persen atau lebih tinggi dibandingkan nasional sebesar 1,81 persen.

Selain itu, berdasarkan data BPS, pada triwulan III tahun 2022 lapangan usaha Jatim mencatatkan pertumbuhan tertinggi di Pulau Jawa.

Konstruksi tumbuh 6,20 persen dan real estate 5,30 persen. Kemudian, PDRB tanpa migas tumbuh 6,13 persen yang berarti tertinggi di antara provinsi di Pulau Jawa. (fan, jtm)

baca juga :

BNI Uji Coba EDC Berbasis Android di Wamena

Redaksi Global News

Finalis Pangeran dan Puteri LH Pamer Produk Olahan ke Cak Eri

Redaksi Global News

Khofifah, Cagub Potensial yang Ditunggu Partai Demokrat

Redaksi Global News