Global-News.co.id
Pantura Politik Utama

Pilkades Serentak: DPMD Bojonegoro Lakukan Pembinaan dan Pemantapan

Pembinaan dan Pemantapan Kesiapan Pilkades Serentak Gelombang I, digelar di Pendopo Kecamatan Ngasem

BOJONEGORO (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kembali melakukan Pembinaan dan Pemantapan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang I. Acara digelar di Pendopo Kecamatan Ngasem dan diikuti perwakilan dari 9 kecamatan, yakni Ngasem, Malo, Tambakrejo, Margomulyo, Ngraho, Kedewan, Padangan, Purwosari, dan Kasiman, Senin (24/10/2022).

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bojonegoro, Djoko Lukito mengatakan Pilkades serentak gelombang I Tahun 2022 diikuti 33 desa di 22 Kecamatan Bojonegoro. Jadwal Pilkades telah ditentukan, yakni Rabu tanggal 26 Oktober 2022. Pembinaan dan pemantapan di wilayah Kecamatan Ngasem ini adalah putaran terakhir. Sebelumnya, Sabtu (22/10/2022) telah dilakukan di wilayah Kecamatan Kanor, dan dilanjutkan wilayah tengah pada Minggu (23/10/2022) di Kecamatan Dander.

“Kegiatan ini untuk memantapkan persiapan panitia termasuk BPD agar dalam pelaksanaan nanti tidak ada kekhawatiran dan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan ketentuan. Pilkades gelombang I Tahun 2022 ini sebenarnya tidak berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Hanya yang membedakan untuk TPS menyesuaikan masa pandemi covid-19. Sehingga Kemendagri menghendaki bahwa TPS harus berada di wilayah-wilayah, tidak boleh berada di dalam satu tempat. Sekarang harus berada di wilayah-wilayah. Maksimal 500 pemilih di dalam satu TPS,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Bojonegoro Muhamad Fatih mengatakan panitia, pengawas, dan BPD perlu membaca aturan dan mengerti isinya. Panitia harus memahami tugas dan fungsinya di lapangan untuk mengantisipasi tersandung masalah hukum.

Kabag Ops Polres Bojonegoro Kompol Yusis menekankan kepada panitia agar benar-benar netral. Karena Pilkades tergantung panitia, pengawas dan BPD. “Untuk itu saya minta tolong setelah keluar dari sini, panitia, pengawas, dan BPD nantinya tidak ada yang berpihak pada salah satu calon,” ujarnya.

Salah satu panitia Pilkades, Desa Bakalan, Kecamatan Tambakrejo, Ali mengaku telah siap melaksanakan Pilkades serentak gelombang I ini. Persiapan sudah 90% untuk kelengkapan seperti surat suara sudah dilipat dan untuk H-1 penandatanganan. “Hari Rabu jam 06.00 pagi sudah kita kirimkan semua logistik ke TPS masing-masing,” kata dia. (kmf, boe)

baca juga :

Pemkot Surabaya Dorong Penguatan Forum Komunikasi Umat Beragama

Redaksi Global News

Kecelakaan di Tol Magetan yang Tewaskan 4 Orang, Sopir Bus Jadi Tersangka

Redaksi Global News

Vaksin Sinovac Datang, Pemprov Jatim Siapkan 2.404 Vaksinator Covid-19

Redaksi Global News