Global-News.co.id
Madura Utama

Menghadapi Persiapan Pemilu 2024, PWI Sampang Lakukan Audiensi dengan Bawaslu

SAMPANG (global-news.co.id)  – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sampang mengadakan audiensi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sampang, Kamis (06/10/2022). Tujuannya sebagai upaya menciptakan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) baik legislatif dan eksekutif serta Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sampang, tahun 2024 mendatang yang  langsung, umum, bebas dan rahasia serta jauh dari praktik kotor, yang bisa mencederai pesta demokrasi.
Dalam audiensi tersebut, Ketua PWI Sampang, Fathor Rahman, S.Sos menanyakan langkah-langkah persiapan Bawaslu Sampang mengenai tugas, wewenang, dan kewajibannya sebagai Pengawas Pemilu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Di mana tugas Bawaslu itu adalah mengawasi, pencegahan hingga penindakan dapat terlaksana secara mandiri serta maksimal.
Selanjutnya Fathor Rahman menambahkan, selain persiapan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat Kecamatan, juga mengantisipasi adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak valid, sehingga nantinya tidak terulang kembali insiden seperti pilkada Kabupaten Sampang 2018 silam.
Sebab berkaca pada pemilu sebelumnya, hasil Pilkada 2018 harus digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK).
Dalam gelaran PSU itu selain merugikan para calon, juga menghabiskan anggaran negara yang membengkak, sehingga kita ketahui bersama, anggaran Pemilukada sebesar Rp 35 Miliar, dan harus di tambah PSU yang menelan anggaran Rp 25 Miliar dari APBD Kabupaten Sampang.
Ketua Bawaslu Kab. Sampang, Insiyatun, SH sebagai Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, mengaku optimis bisa menjaga amanah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.
Bahkan, dirinya juga optimis bahwa kedepannya baik itu Pemilu Legislatif, Eksekutif hingga ke Pemilu Kepala Daerah 2024 mendatang bisa akan berlangsung dengan lancar, kondusif, adil dan bersih, jauh dari praktek kotor, apalagi harus kembali terulang kejadian 2018 silam.
“Setidaknya, nanti di tahapan proses penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan baik, karena kami optimis dapat meminimalisir kegiatan pemilu itu”, tegasnya di depan pengurus PWI Sampang.
Dalam audiensi tersebut, Ketua Bawaslu Kab Sampang, Insiyatun, SH,i, MH, yang didampingi oleh seluruh anggota Komisioner yang hadir yakni SDMO Luddin Spd.i, P2H Suhariyanto, S.Sos, H&S Muhalli, MH, PP. Datin  Yunus Ali Ghafi, S.sos, mengaku berterima kasih atas kunjungan audiensi dari PWI Sampang.
“Kami bersama seluruh komisioner  mengucapkan terimakasih atas niat baik dari PWI Sampang untuk mengadakan audiensi dengan Bawaslu, sehingga dengan adanya diskusi ini maka akan menjadi sebuah motifasi tersendiri bagi kami dalam menjalankan tugas, sehingga kedepannya bisa bekerja secara optimal dan dengan diskusi ini nantinya akan berkelanjutan dalam menjalin sinergitas yang lebih baik antara Bawaslu dengan PWI Sampang”, pungkasnya. (isn)

baca juga :

Cantik dan Ganteng Tidaklah Cukup, Perlu Diimbangi Etos Kerja Tinggi

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Kapolsek Candi

gas

Pertamina Rosneft Berikan Beasiswa Pendidikan di PEM Akamigas

Titis Global News