Global-News.co.id
Madura TNI Utama

Membangun Jembatan 70 Meter, TMMD ke-115 Tahun 2022 di Desa Bujur Barat Batumarmar Dimulai

Danrem 084 Bhaskara Jaya bersama Bupati Pamekasan menyalami TNI peserta TMMD di Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 tahun 2022 di Pamekasan akan dilaksanakan di Desa Bujur Barat Kecamatan Batumarmar. Program ini akan dilaksanakan satu bulan mulai 11 Oktober hingga 9 November 2022 mendatang.

Upacara pembukaan Program TMMD yang bertema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI,” tersebut digelar di halaman Kantor Bupati Pamekasan, Jalan Kabupaten Pamekasan, Selasa (11/10/2022), dengan inspektur upacara Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

Pembukaan TMMD kali ini dihadiri oleh Danrem 084 Bhaskara Jaya Brigjen TNI Tera Trisna Purnama, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Ubaidillah dan sejumlah pejabat dari Kodam V Brawijaya, Kajari dan Kapolres Pamekasan.

Bupati Baddrut Tamam dalam sambutannya mengatakan TMMD merupakan program lintas sector yang melibatkan serta memadukan unsur TNI bersama pemerintah serta seluruh stakeholder masyarakat.

Program ini dilakukan dalam rangka membantu mendukung akselerasi pembangunan nasional baik secara fisik maupun nonfisik. Khususnya di wilayah terpencil dan tertinggal yang dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan.

“TMMD juga mempunyai arti strategis, yakni meningkatkan semangat kebersamaan, gotong royong serta membersamai nilai-nilai budaya agama dan leluhur bangsa. Yang rupanya saat ini mulai tergerus oleh arus perubahan zaman dan revolusi yang begitu cepat,” katanya.

Dengan kembalinya semangat gotong royong serta pola hidup yang berdasarkan nilai agama dan kebudayaan serta nilai nilai leluhur bangsa, kata Baddrut Tamam, diharapkan akan lahir rasa kebersamaan, kesetiakawanan serta memperkuat persatuan dan persatuan dalam membangun bangsa dan negara.

Bagi pemerintah daerah, lanjut Baddrut Tamam, TMMD merupakan salah satu alternatif solusi dalam upaya meningkatkan percepatan kegiatan pembangunan di desa, serta menggugah masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam membangun desanya.

“Dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan, keamanan, peningkatan cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang sangat strategis dan efektif. Apalagi tema TMMD tahun ini adalah “TMMD dedikasi terbaik membangun NKRI,” tandasnya.

Untuk itu, kepada segenap masyarakat dan unsur pemerintah di tingkat kecamatan dan di desa, dia berharap agar turut serta secara sukarela membantu pelaksanaan program TMMD sehingga akan mencapai hasil yang maksimal. Sebagai wujud dari bagian kecintaan kita semua kepada negara Indonesia.

Sekdakab Pamekasan Ir Totok Hartono mengatakan proyek yang mau digarap pada TMMD kali ini tiga jenis, yakni pembangunan jembatan sepanjang 70 meter lebar 2,5 meter. Pembangunanan jalan makadam dan jalan aspal sepanjang 400 meter, dan pembangunan lima buah rumah tak layak huni.

“Jembatan yang panjangnya 70 meter itu merupakan perlintasan antar dusun Bindung Barat dan Dususn Bindung Timur. Tujuannya untuk mengangkat potensi ekonomi desa karena kegunaan jembatan ini luar biasa bagi masyarakat untuk pemberdayaan ekonomi,” katanya. (mas)

 

baca juga :

Kedekatan Emosional Kunci Sukses TMMD Desa Siwalan

gas

Hujan Deras dan Angin, Personel Polsek Krian Bantu Warga Terdampak

Redaksi Global News

Vaksinasi Tahap Dua di Desa Tambak Rejo Waru Ditinjau Kapolres Sidoarjo

gas