Global-News.co.id
Malang Raya Utama

Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman Melantik Sembilan Panwascam

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman melantik sembilan Panwascam di Hotel Aster Kota Batu. (Foto: Doi Nuri)
KOTA BATU (global-news.co.id) – Sembilan anggota Panwascam yang telah lolos seleksi menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu, Abdur Rochman.
Rochman mengatakan bahwa seleksi Panwascam berhasil diselesaikan. Setelah sebelumnya seleksi Panwascam harus diperpanjang karena keterwakilan perempuan kurang dari 30 persen.
“Akhirnya sembilan Panwascam dilantik malam ini, setelah sempat dilakukan perpanjangan, akhirnya diputuskan, dari 54 pendaftar berhasil lolos seleksi. Mereka lolos setelah mengikuti beberapa tahapan,” jelas dia, Kamis malam (27/10/2022).
Sembilan Panwascam yang terpilih, dikatakan Rochman, adalah mereka yang lolos seleksi administrasi, lolos tes CAT dan lolos proses wawancara.
“Mereka yang lolos seleksi ini, dengan rincian tes CAT memiliki persentase 40 persen dan wawancara 60 persen,” imbuh dia.
Rochman menegaskan, kriteria penyampaian visi misi, motivasi, tugas panwascam, hingga pengetahuan tentang Pemilu dan kearifan lokal, telah menghasilkan tiga terbaik dari masing-masing kecamatan.
Selanjutnya, Panwascam yang telah dilantik akan bertugas hingga pelaksanaan Pemilu 2024. “Setelah itu mereka akan mengikuti seleksi atau assessment kembali agar bisa ikut kembali sebagai Panwascam,” lanjut Rochman.
Panwascam terlantik, diharapkan Rochman mampu menjalankan tugas, diantaranya mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan.
“Selanjutnya, Panwascam harus memiliki kemampuan mengoordinasikan, mensupervisi, membimbing, memantau dan mengevaluasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan,” jelas dia.
Bukan hanya itu, masih kata Rochman, Panwascam berkewajiban memeriksa dan mengkaji dugaan pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan dan menyampaikannya kepada Bawaslu Kabupaten/Kota.
“Selanjutnya, juga harus melakukan koordinasi dengan instansi pemerintah daerah terkait menginvestigasi informasi awal atas dugaan pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan,” tandas dia. (Doi)

baca juga :

Demokrat Jatim Dukung Gus Ipul, Soekarwo: Ada Syaratnya?

Kajari Tanjung Perak Pindah Tugas, Risma Beri Penghargaan

Redaksi Global News

Cegah Kanker Serviks, Ketua TP PKK Kab Pasuruan Ajak Ibu-ibu Periksa IVA Secara Dini

Redaksi Global News