Global-News.co.id
Metro Raya Politik Utama

Wajib Pajak Surabaya Diimbau Manfaatkan Program Penghapusan Denda PBB

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno

SURABAYA (global-news.co.id) – DPRD Kota Surabaya mengharapkan warga Kota Pahlawan, Jawa Timur, dapat memanfaatkan program penghapusan sanksi administrasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mulai 15 September hingga 30 November 2022.

“Program ini baik. Kami berharap warga Surabaya bisa memanfaatkannya,” kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, Kamis (22/9/2022).

Anas mengapresiasi Pemkot Surabaya yang mengeluarkan kebijakan penghapusan denda PBB karena selaras dengan upaya memperbaiki perekonomian dan kesejahteraan masyarakat pascapandemi Covid-19.

Legislator PDI Perjuangan itu mengatakan penghapusan denda PBB secara tidak langsung juga meringankan beban ekonomi masyarakat pada masa pemulihan ekonomi.

Selain itu, lanjut dia, kebijakan tersebut membangun kesadaran masyarakat agar menjadi wajib pajak yang baik serta tertib administrasi pada kepemilikan bangunan dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi mengajak masyarakat Surabaya yang memiliki tunggakan PBB untuk memanfaatkan program tersebut.

Penghapusan denda kata dia, berlaku untuk PBB selama kurun 1994 sampai 2022. “Pemberian program penghapusan sanksi administratif terhadap denda PBB tersebut dengan membayarkan pokok pajak pada periode tersebut,” kata dia.

Musdiq mengatakan masyarakat Surabaya yang membayar pokok PBB maka otomatis sanksi administrasi mereka dihapus.

Cara pembayaran PBB di Surabaya, lanjut dia, cukup mudah yakni dengan menunjukkan SPPT PBB yang dapat diunduh melalui laman pbb.surabaya.go.id.

Pembayaran PBB tersebut, kata Musdiq, juga dapat dilakukan dengan mendatangi langsung Kantor Bapenda di Jl Jimerto Nomor 25-27 Surabaya. (pur)

baca juga :

Dipindah, Pemkot Pastikan Tak Ada Pemotongan Babi di Pegirian

Redaksi Global News

Demi Kedalaman Tim, Persik Rekrut Eks Penjaga Gawang Arema FC

Redaksi Global News

Optimalisasi Gas di Era Transisi Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

gas