Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Madura Utama

TPS Bangun Sumur Bor untuk Warga Desa Sumberwaru Pamekasan

Direktur Utama TPS Abdul Rofid Fanany bersama warga pada saat pemberian sembako.

PAMEKASAN (global-news.co.id)  –  Krisis air bersih di Desa Sumberwaru Pamekasan Madura direspon Terminal Petikemas Surabaya (TPS). Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) TPS membangun sumur bor yang mampu mengaliri puluhan rumah warga des. Tidak hanya itu, TPS juga menyediakan tandon tempat penyimpanan air serta membangun fasilitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

Desa Sumberwaru sebelumnya termasuk desa yang yang sangat minim air, warga terpaksa membuat bak penampungan sendiri dengan menadah air hujan di sawah, yang kemudian dimanfaatkan untuk mandi dan keperluan rumah tangga, sementara untuk kebutuhan minum dan masak, mereka harus membeli air dengan mengeluarkan uang lebih dengan harga Rp 7.500 per jam.

“Yang penting ada air bagi kami untuk berwudhu. Kami rela mandi 2-3 hari sekali. Ya kalau butuh air kami harus ngangsu dulu, jalan kurang lebih 5 km menuju ke tempat tadah air, itupun kalau pas hujan, kalau kemarau gini ya terpaksa kami harus beli”, ungkap Kosim, salah satu tokoh masyarakat Desa Sumberwaru Pamekasan, Rabu (7/9/2022).

Namun masa sulit itu kini telah terlewati, dengan hadirnya TPS di tengah-tengah masyarakat seakan menjadi jawaban yang tepat atas hal yang telah lama mereka harapkan. Warga senang sekarang sudah tidak kesulitan air bersih, sumur bor yang dibangun TPS tepatnya mampu mengaliri kurang lebih 60 rumah warga di Desa Sumberwaru.
Dibantu oleh Lembaga Amil Zakat, yaitu Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), TPS di tahap awal berusaha mencari lokasi yang berpotensi untuk ditemukannya titik air tanah, dan dengan dukungan dan peran warga, akhirnya sumber titik air itu dapat ditemukan dan bahkan mampu menghasilkan air yang melimpah.

“Alhamdulillah, kami sangat terbantukan dengan adanya sumber air ini, warga tidak harus berjalan jauh, mengeluarkan uang lebih, bahkan jarang mandi lagi.  Kini kami dapat menikmati sumber air yang bersih. Terima kasih TPS”, ungkap Kosim.

TPS meresmikan sekaligus menyerahterimakan fasiitas sumber air, tandon dan MCK kepada warga Desa Sumberwaru Pamekasan, Rabu (7/9/2022) dengan dihadiri oleh Direktur Utama, Direktur Keuangan serta para volunteer TPS. Pada momen tersebut TPS juga membagi 150 paket sembako kepada warga Desa Sumberwaru.

Direktur Utama TPS Abdul Rofid Fanany mengungkapkan rasa senangnya bisa hadir untuk membantu warga Desa Sumberwaru. Seperti yang kita tahu bahwa air merupakan kebutuhan utama dalam hidup manusia, tentunya tak terbayangkan bagaimana bisa hidup dengan keterbatasan air seperti yang selama ini dialami oleh warga desa.

“Sangat bersyukur, kami dapat hadir membantu warga Desa Sumberwaru, adanya sumber air ini semoga dapat memberikan kebermanfaat bagi warga, kebersihan dan kesehatan warga pun juga lebih terjamin dan keberkahan untuk TPS,” ungkap Abdul Rofid Fanany dalam sambutannya pada acara peresmian bantuan TPS.

Pada kesempatan tersebut, perwakilan pegawai TPS tidak hanya menjadi volunteer dalam pembagian sembako kapada masyarakat, tetapi juga memberikan edukasi hidup bersih kepada anak-anak Desa Sumberwaru, bagaimana cara mencuci tangan yang bersih dan menjaga kebersihan badan dan gigi. Antusiasme anak-anak ketika mengikuti penyuluhan hidup bersih makin terpancar ketika mendapatkan goodie bag berisi perlengkapan mandi dan kue kering.

Pemberian bantuan ini merupakan salah satu bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) TPS pada bidang pembangunan, semoga sumur bor ini dapat digunakan dan dirawat dengan baik agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas lagi. (tis)

baca juga :

Mampukah Resolusi Majelis Umum PBB Ubah Keputusan Trump soal Yerusalem?

Redaksi Global News

Proliga, Samator Raih Kemenangan Perdana Atas Palembang BSB

Redaksi Global News

Kemenangan Persija dari PSM Berkat Kerja Keras

Redaksi Global News