Global-News.co.id
Gaya Hidup Jember Raya Utama

‘Situbondo Ethnic Festival’ Bakal Digelar November 2022

Tari Landhung Situbondo, salah satu khasanah seni budaya setempat

SITUBONDO (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengagendakan festival yang menampilkan seni dan budaya yang dikemas dalam Situbondo Ethnic Festival pada November 2022.

Bupati Situbondo Karna Suswandi, Rabu (21/9/2022), mengemukakan Situbondo Ethnic Festival yang memadukan antara seni dan budaya ini bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya budaya masyarakat Situbondo.

“Di ajang festival ini nantinya akan ada beragam seni dan budaya Nusantara yang akan ditampilkan,” ujar Bung Karna, sapaan bupati.

Kata dia, Situbondo Ethnic Festival ini menitikberatkan terhadap kolaborasi seni dan budaya. Menguatkan khususnya masyarakat Situbondo, akan seni dan budayanya.

Bupati menegaskan festival ini penekanannya yakni kolaborasi seni dan budaya, dan bukan fesyen. Dan hal ini menjadi ikon Kabupaten Situbondo.

Menurut Bupati Karna, berbagai budaya dari belahan Nusantara juga akan tampil di ajang bergengsi ini. Diharapkan bisa meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia.

“Festival ini nantinya juga sekaligus menjadi ajang memperkenalkan khazanah budaya di Kabupaten Situbondo kepada masyarakat luas,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Situbondo (DKS), Edy Supriono menjelaskan, ini akan menjadi kegiatan luar biasa dan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena penyajiannya yang berbeda, mulai dari koreografi, kostum, hingga tampilan kegiatan.

Mewakili seniman Situbondo, dia juga sangat mengapresiasi karena pemerintah daerah setempat benar-benar mampu memberikan kegiatan yang luar biasa.

Kata Edy, budaya Nusantara yang akan ditampilkan sangat menarik. Namun, budaya masyarakat Situbondo akan ditampilkan lebih dominan. Tentunya, dengan kemasan yang sangat menarik.

“Kegiatan ini akan memberikan dampak positif dari berbagai sektor, khususnya perekonomian masyarakat Situbondo,” ujar dia. (ntr, stu)

baca juga :

Gandeng BNN, OYO Berikan Edukasi Dampak Penyalahgunaan Narkotika

Redaksi Global News

Proliga 2022, Bandung bjb Sabet Juara Usai Libas Gresik Petrokimia

Redaksi Global News

Kapolri: Ada Laporan Pelanggaran, Langsung Diproses dan Dipecat

Redaksi Global News