Global-News.co.id
Nasional Politik Utama

Siang Ini, Presiden Lantik Azwar Anas sebagai Menteri PAN-RB

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

“Hari ini pukul 13.30 WIB Azwar Anas akan dilantik,” kata sumber internal istana kepresidenan di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Jabatan MenPAN-RB kosong sejak ditinggalkan Tjahjo Kumolo yang wafat pada 1 Juli 2022. Sejak 15 Juli 2022, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB sedangkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga sempat menjabat sebagai Menteri PAN-RB ad interim pada 4 – 15 Juli 2022.

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri sesungguhnya sudah memberikan nama-nama calon MenPAN-RB kepada Presiden Jokowi sejak pertengahan 2022 namun pelantikan MenPAN-RB belum kunjung dilaksanakan.

Saat ini Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

Azwar Anas pernah menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode yaitu pada periode 2010-2015 ketika diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan periode 2016-2021 yang diusung PDI-Perjuangan. Sebelumnya ia pernah menjadi anggota MPR dan DPR RI.

Ketika menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, Azwar Anas dinilai berhasil mendorong pariwisata di kabupaten tersebut termasuk dengan menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Banyuwangi pun meraih penghargaan “Innovation Goverment Award” sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia sejak 2018

Sejumlah inovasi Banyuwangi antara lain di bidang pendidikan ada Gerakan Daerah Angkat Anak Muda Putus Sekolah (Garda Ampuh), program Banyuwangi Mengajar, pemberian uang saku dan uang transportasi bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

Di sektor kesehatan ada program jemput bola perawatan bagi warga miskin yang sakit, laskar penjaja sayur yang memburu ibu hamil berisiko tinggi hingga inovasi “Teropong Jiwa” untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Kemudian, program sosial pemberian makanan bergizi gratis setiap hari kepada lansia miskin sebatang kara yang diberi nama “Rantang Kasih” dan di bidang peternakan ada e-ternak yakni kartu elektronik ternak (e-Nak) untuk mendata ternak yang berisi data riwayat ternak sapi. (ntr, ins)

baca juga :

2022, Tingkatan Kelas Peserta BPJS Dihapus

Redaksi Global News

Libas Persiraja 2-0, Arema Merangsek ke Papan Atas

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Tinjau Vaksinasi Booster di Wilayah Krian

Redaksi Global News