Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Malang Raya Utama

Sepatu Kulit Buatan Arek Malang Langganan Banyak Instansi

Sepatu merk Hercules salah satu UMKM yang menjadi langganan sekolah maupun perusahaan di Kota Malang (foto jnr)

MALANG (global-news.co.id) – Aneka produk kulit dipajang di sebuah toko di kawasan Mergosono Kota Malang. Hercules namanya, salah satu UMKM di Kota Malang yang fokus memproduksi aneka ragam produk kulit.

Usaha yang telah ada sejak tahun 2004 ini dirintis oleh R. Agus Salim bersama sang istri, Marlia. “Kami beri merk Hercules, karena kita tahu bahwa Hercules dikenal sebagai mitos dewa Yunani kuno yang terkenal kekuatannya. Semoga mewakili kualitas produk kami yang kuat,” ungkap Marlia.

UMKM ini memproduksi aneka jenis sepatu, seperti sepatu pantofel, sepatu safety, sepatu kasual, dan sepatu boots. Ada juga sandal, tas, dan juga dompet. “Kita pakai kulit sapi dan kulit ular. Tapi mayoritas memang pakai kulit sapi. Untuk harganya bervariasi bergantung modelnya. Karena model pengaruhnya ke jenis dan banyaknya kulit yang dipakai, juga untuk ongkos pembuatannya juga beda antara model yang biasa dan model yang rumit,” ujar perempuan ramah ini.

Perempuan yang akrab dipanggil Rike ini menjabarkan harga beragam produknya. Untuk dompet dan tas dibanderol mulai Rp150.000,00. Sementara untuk produk sepatu dibanderol mulai Rp250.000,00 hingga Rp1.150.000. Bahkan untuk produk sepatu trail bisa mencapai Rp1.700.000,00.

“Kita bisa produksi custom, made by order jadi pelanggan bisa tunjukkan model yang dimau seperti apa, nanti baru bisa kita hitungkan berapa harganya. Estimasi pembuatannya antara satu sampai dua minggu bergantung kesulitannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rike menyampaikan pasar untuk produk-produknya khsususnya sepatu bahkan telah mencapai luar daerah. UMKM Hercules bisa juga menerima pesanan dalam jumlah besar, baik dari sekolah maupun perusahaan.

“Kami nggak cuma terima order pribadi, tapi biasanya banyak pesanan dari perusahaan juga,  seperti dari perusahaan tambang ada dari Papua, juga Sulawesi dan Kalimantan. Paling sedikit pesanan sekitar 200 pasang kalau untuk perusahaan. Biasanya butuhnya sepatu safety. Ada juga pesanan dari sekolah ya, biasanya dari SMKK Cor Jesu dan SMK Negeri 1 Singosari,” ujarnya.

Tak heran, Hercules menjadi sepatu kulit favorit banyak perusahaan dan sekolah karena memang kualitasnya terjamin. Seperti namanya, sepatu produksi UMKM Kota Malang ini terkenal karena kuat. Bahkan ada garansi sol selama dua tahun untuk sepatu safety. Karena kualitasnya inilah, UMKM ini juga kerap mengikuti pameran atas fasilitasi Diskopindag Kota Malang.

Untuk menjalankan usahanya ini, Rike dan suaminya dibantu oleh empat orang karyawan di bagian produksi dan sales. Agung, salah seorang karyawan menyatakan dalam sehari dirinya bisa memproduksi sekitar 10 hingga 15 pasang sepatu. Siapa pun bisa mampir ke toko yang sekaligus tempat produksi yang berada di Jl Kolonel Sugiono 149 Kota Malang. (jnr, ala)

baca juga :

GLOBAL NEWS EDISI 234 (27 Februari-4 Maret 2020)

Redaksi Global News

Parah, Dana Pinjaman Daerah Dipakai Pejabat Buat Beli Mobil

Redaksi Global News

SIG Fasilitasi Tempat Berjualan 5 Remaja Penyandang Disabilitas