Global-News.co.id
Sport Utama

Porprov VIII/2023: KONI Jatim Verifikasi Venues di Sidoarjo Raya

Tim verifikasi KONI Jatim melakukan peninjauan ke empat daerah di Sidoarjo Raya guna melihat kesiapan venues pertandingan  masing-masing tuan rumah

SIDOARJO (global-news.co.id) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Timur mulai melakukan peninjauan calon venues Porprov VIII/2023 di Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, serta Jombang.

Tim verifikasi KONI Jatim melakukan peninjauan ke empat daerah di Sidoarjo Raya (Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto dan Jombang) untuk melihat kesiapan venues pertandingan  masing-masing tuan rumah.

Berdasarkan surat pengajuan, KONI Sidoarjo mengajukan diri untuk menggelar 32 cabang olahraga. Dan tim verifikasi KONI Jatim yang dipimpin tiga wakil ketua, yaitu Wakil Ketua 1 Ali Afandi, Wakil Ketua II Irmantara Subagio, dan Wakil Ketua III Dedi Suhayadi masing-masing memimpin tim untuk melihat kondisi 32 venues yang diajukan Sidoarjo.

“Secara umum memang sarana dan prasarana olahraga di Sidoarjo cukup memadai untuk menggelar Porprov. Saya, Pak Ibag, dan Pak Dedi bagi tugas melihat 32 tempat tersebut, dan kesimpulan awalnya memang beberapa venues yang diajukan banyak yang memenuhi syarat. Tapi itu belum keputusan final, karena daerah lain juga mengajukan untuk Cabor yang sama,” kata Ali Afandi, Minggu (11/9/2022).

Andi, sapaan akrab Ali Afandi juga menjelaskan ada 11 cabang olahraga baik Jombang maupun Sidoarjo mengajukan diri sebagai tempat penyelenggaraan, ini tentunya membuat tim verifikasi harus benar-benar memilih mana yang terbaik.

“Jadi untuk kunjungan di Sidoarjo kami melihat, mencatat, dan belum sampai merekomendasikan tempat itu, karena kami harus membandingkan dengan yang diajukan daerah lain. Misalnya tenis, Sidoarjo mengajukan, Jombang juga mengajukan,” tambah Andi.

Setelah melakukan peninjauan di Sidoarjo, pada Kamis (8/9) tim verifikasi bergeser ke Kota dan Kabupaten Mojokerto. Kabupaten Mojokerto mengajukan 12 venues untuk 12 cabang olahraga sementara Kota Mojokerto mengajukan 14 venues untuk 17 cabang olahraga, dan juga Stadion Mojosari yang diajukan Kabupaten Mojokerto untuk closing ceremony.

Pada hari ketiga peninjauan, tim verifikasi bergeser ke Jombang untuk melakukan verifikasi terhadap 13 venues yang diajukan. Ada lima tempat yang dinilai representatif untuk venue olahraga, salah satunya GOR Merdeka Jombang untuk venue pencak silat.

”Setelah kami lihat, beberapa tempat ada yang sangat representatif, dan kami rekomendasikan untuk dilakukan di Jombang,” ungkap Dedy Suharyadi, Wakil Ketua Umum III KONI Jawa Timur.

Salah satu tempat yang sudah dipastikan adalah GOR Merdeka Jombang, untuk venue olahraga pencak silat. Kedua adalah GOR Tambakberas Jombang yang diajukan untuk cabor kempo dan taekwondo.

Dedy menilai, GOR Tambakberas cukup baik untuk jadi salah satu venue. ”Nanti akan dipilih salah satu, taekwondo saja, atau kempo saja,” jelasnya.

Ketiga adalah aula MAN 4 Jombang untuk venue tenis meja. Kempat adalah tenis lapangan, yang diajukan yaitu lapangan tenis indoor, lapangan tenis Pendopo Kabupaten Jombang, dan lapangan tenis Kebon Rojo. Yang terakhir adalah Aquatic STKIP PGRI Jombang untuk venue selam kolam.

”Untuk yang lainnya, akan kita pertimbangkan dulu secara objektif, mulai dari fasilitasnya, kapasitasnya, dan semua aspek lainnya. Karena ada beberapa daerah yang mengajukan sama,” jelasnya.

Ia mengatakan, jika kelima tempat tersebut memang belum ditetapkan secara resmi sebagai tempat Porprov. Hanya saja dari hasil rembukan singkat bersama tim, kelima tempat tersebut dinilai layak dan direkomendasikan untuk jadi venue Porprov.

”Sudah hampir dipastikan lima tempat tersebut, tapi penetapan secara resminya masih belum,” kata Dedy.

Menurut Dedy, hasil kunjungan dari tim verifikasi ini akan dilaporkan kepada Ketua Umum KONI Jatim. Dan berikutnya masing-masing venues akan dibedah kelayakannya, dibahas bersama, dan diputuskan untuk dipilih menjadi venues resmi Porprov VIII 2023. (kmf, jtm)

baca juga :

Wacana Desa Di-lockdown Tunggu Cek Lapangan

Redaksi Global News

Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Polresta Sidoarjo Siapkan Berbagai Langkah

Redaksi Global News

29 Juli, Gadai Swasta Harus Sudah Daftarkan Diri

gas