Global-News.co.id
Pendidikan Utama

PKBM Budi Utama Edukasi Siswa Kejar Paket A tentang Kondisi Sungai

Siswa kejar paket A PKBM Budi Utama mengikuti edukasi tentang kondisi sungai

SURABAYA (global-news.co.id) – Dalam masa pengenalan lingkungan sekolah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Budi Utama, memberikan edukasi tentang kondisi sungai kepada siswa kejar paket A. Kamis (15/9/2022).

Para murid tersebut diberikan edukasi tentang menjaga lingkungan sungai, sambil menaiki sebuah perahu motor di Kali Surabaya. Beberapa guru juga menekankan kebersihan sungai serta menjelaskan sejumlah ekosistem yang hidup di sekitar perairan.

Tutor PKBM Budi Utama, Mega Wulandari, mengatakan, salah satu fokus utama pembelajaran adalah terkait kehidupan sungai. Serta terkait dengan implementasi kurikulum pelestarian lingkungan. “Kami ajarkan bagaimana cara merawat lingkungan di sungai, yang dimulai sejak usia dini. Dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai,” ujarnya.

Menurutnya, dengan dikenalkan sedini mungkin, anak-anak bisa menghargai sungai mengingat airnya juga dimanfaatkan untuk bahan baku air PDAM Surabaya.

Hal senada juga diutarakan Ketua PKBM Budi Utama, Imam Rochani. Tujuan diadakan kegiatan ini supaya anak-anak mengetahui fungsi sungai sebagaimana mestinya. “Anak-anak tadi juga dijelaskan seperti apa kehidupan masyarakat bantaran sungai. Jenis-jenis biota di sungai apa saja. Kami bersama mahasiswa Unesa mengajak mereka menjaga kebersihan sungai,” ucapnya.

“Setelah acara itu, mereka akan menulis sesuai hasil pengamatan dan dikembangkan menjadi kalimat. Diharapkan bisa ditulis dalam bentuk surat yang ditujukan kepada walikota dan gubernur. Nantinya dari situ kebijakan apa yang akan diambil,” ujarnya. (jtm, ins)

baca juga :

Hampir 20 Ribu Sampel COVID-19 Sudah Diperiksa

Redaksi Global News

Bupati Gus Muhdlor : Pejabat Fungsional Harus Mampu Berkreasi dan Berinovasi

gas

PWNU Jatim Kritik ‘Perpres Miras’, MUI Minta Segera Dicabut

gas