Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Oknum Petugas Tarik Pungli di Kawasan Ampel, Wawali Cak Ji Perintahkan Ditertibkan

Wawali Armuji meminta pungli yang diduga dilakukan oknum petugas Dinas Perhubungan setempat di kawasanwisata religi Sunan Ampel segera ditertibkan

SURABAYA (global-news.co.id) – Wakil Walikota Surabaya Armuji meminta pungutan liar atau pungli yang diduga dilakukan oknum petugas Dinas Perhubungan setempat di kawasan parkir bus wisata religi Sunan Ampel segera ditertibkan.

“Kami mendapat laporan dari pedagang soal adanya pungli itu. Makanya kemarin (29/9) saya langsung ke lokasi menegurnya,” kata dia di Surabaya, Jumat (30/9/2022).

Menurut Cak Ji, sapaan akrabnya, adanya pungli tersebut mencederai upaya Pemerintah Kota Surabaya yang saat ini gencar melakukan penataan kembali kawasan wisata religi Sunan Ampel.

Ia menyebutkan pungli tersebut seperti adanya alih fungsi secara sepihak yang semula taman dijadikan stan baru tanpa ada konfirmasi dengan pimpinan maupun sosialisasi dengan pedagang sebelumnya.

Selain itu, ia mendapati banyak pengunjung yang kaget akibat mahalnya retribusi toilet umum yang awalnya Rp2.000 menjadi Rp4.000, termasuk mahalnya biaya untuk pengambilan kartu kontrol sebesar Rp200 per stan pedagang.

“Saya minta stan itu dibongkar dan dikembalikan seperti fungsinya semula. Kami ingin para peziarah nyaman. Jangan sampai perbuatan segelintir orang merusak citra baik Kota Surabaya,” katanya.

Untuk itu, Cak Ji meminta Kepala Dinas Perhubungan Surabaya memberikan pembinaan kepada anggotanya yang bertindak di luar ketentuan.

Ia juga menyinggung program penataan kawasan Wisata Religi Ampel berlanjut pada tahun ini. Pemkot Surabaya berencana membangun jalur pedestrian untuk mempermudah peziarah. (pur)

baca juga :

Saatnya Bojonegoro Dipimpin Putra Asli Daerah, Dialah Sang Basudewa

gas

Persebaya Lakukan Beep Test, Supriadi dan Marsel Raih VO2-Max Tertinggi

Redaksi Global News

Piala Asia 2023: Di Final, Qatar Percaya Diri Bakal Tampilkan Performa Terbaik

Redaksi Global News