Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Mulai Sabtu, Pemkot Surabaya Salurkan BLT BBM

Pemkot Surabaya mulai menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) secara “door to door”

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) secara “door to door” atau dari rumah ke rumah kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di kota itu, Sabtu (3/9/2022).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, mulai Sabtu (3/9) 2022 ini BLT BBM disalurkan di beberapa titik “Kota Pahlawan”. Penyaluran ini dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) melalui PT Pos Indonesia.

“Hari ini sudah disalurkan BLT BBM. Ada beberapa titik yang disalurkan melalui Kantor Pos. Ini datanya (penerima) dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang ada di Kementerian Sosial,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Surabaya, Anna Fajrihatin, mengatakan, BLT BBM di Surabaya disalurkan kepada 71.906 KPM. Ribuan KPM ini lokasinya tersebar di seluruh wilayah Kota Pahlawan.

“Nanti penyalurannya akan melalui mekanisme Kantor Pos. Sedangkan untuk hari ini memang kami salurkan melalui door to door. Sekaligus untuk mengecek kondisi KPM,” kata Anna.

Dia menjelaskan, BLT BBM ini disalurkan selama empat bulan, yakni pada September-Desember 2022. Untuk setiap bulannya, kata dia, KPM mendapatkan uang tunai Rp150 ribu dan disalurkan dengan dua tahap.

“Untuk tahap pertama September-Oktober, disalurkan bulan ini, Rp300 ribu. Kemudian November – Desember, akan diberikan di tahapan kedua Rp300 ribu sekitar Desember 2022,” ujar dia.

Menurut dia kriteria penerima BLT BBM ini sama seperti KPM bantuan sosial sebelumnya yakni, KPM telah terdata di DTKS dan sudah terverifikasi oleh Kemensos RI. “Sama seperti sebelumnya, KPM ini terdata di DTKS. Kemudian sudah terverifikasi Kemensos dan layak untuk mendapatkan bantuan,” ujar dia.

Sebagai tahap awal, Anna mengatakan, BLT BBM di Surabaya disalurkan secara door to door kepada 50 KPM di wilayah Krembangan Selatan, Kecamatan Krembangan. Sedangkan untuk penyaluran berikutnya akan dilakukan melalui Kantor Pos.

“Kami koordinasi dengan PT Pos Indonesia. Nama-nama (KPM) By Name By Address (BNBA) nanti diserahkan kepada kami, yang selanjutnya diberikan kepada lurah dan camat untuk percepatan dan dibuatkan jadwal penyaluran,” kata Anna. (pur)

baca juga :

Ibu Mertua Sekda Lamongan Tewas Dibunuh, Saksi Sebut Ada Luka Bacok

Redaksi Global News

Dibangun Tahun 2023, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Resmikan Berdirinya SMPN 2 Prambon

gas

Transaksi BBM Rp 1,7 T/Tahun, Pertamina Fasilitasi PT Pelni dengan Program I-Serv

Redaksi Global News