Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Jokowi Sebut Pemerintah Berupaya Sekuat Tenaga Lindungi Rakyat dari Gejolak Harga Minyak Dunia

Presiden dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia dengan tetap menyalurkan subsidi melalui APBN.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN. Tetapi anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus,” kata Presiden dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Jokowi mengemukakan sebanyak 70 persen dari belanja subsidi BBM yang telah disalurkan pemerintah malah dinikmati kelompok masyarakat mampu atau yang memiliki mobil pribadi. Seharusnya, kata Jokowi, subsidi di APBN yang merupakan uang negara diprioritaskan untuk masyarakat tidak mampu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan pemerintah telah memutuskan menyesuaikan harga BBM subsidi pertalite menjadi Rp10 ribu per liter dari sebelumnya Rp7.650 per liter mulai Sabtu, pukul 14.30 WIB.

Pemerintah juga menyesuaikan harga BBM subsidi untuk solar dari Rp5.150 rupiah per liter menjadi Rp6.800 per liter. Untuk BBM nonsubsidi, pemerintah menyesuaikan harga pertamax dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.500 per liter. (ntr, ins)

baca juga :

Komisi A DPRD Jatim Minta Gubernur Transparan dengan Anggaran Gawat Darurat COVID Rp 2,384 Triliun

Redaksi Global News

Al-Smansa Delma Gelar Pengajian Akbar Lintas Alumni dan Lintas Sekolah di Pamekasan

gas

Tarif Tol Surabaya-Mojokerto Naik Mulai 3 Januari 2020

Redaksi Global News