Global-News.co.id
Secangkir Kopi

Cegah Korupsi

PERSOALAN korupsi tidak pernah habis dibicarakan. Korupsi hingga kini pun terus menggrogoti negara. Di negara ini, korupsi masih saja terjadi. Masih saja ada oknum maupun kelompok yang menggarong uang negara, sehingga “menyengsarakan” rakyat.
Di sejumlah negara, sangat keras menyelesaikan persoalan korupsi ini. Sebut saja China. Negara ini menerapkan hukum yang keras, hingga hukuman mati. Kenyataan ini memang membuat jera pelaku. Sementara orang atau kelompok yang ingin korupsi berhitung seribu kali.

Lalu bagaimana dengan negara kita. Hukuman memang sudah dilaksanakan, meski hingga kini kalau tak salah belum ada yang terlkena hukuman mati. Meski demikian, pemerintah terus berusaha untuk meminimalisir terjadinya korupsi. Hanya saja, pada kenyataannya masih ada saja yang melakukan korupsi.

Seperti halnya dilakukan oleh Pemrov Jatim. Demi menekan peluang terjadinya tindakan korupsi maupun penyalahgunaan kewenangan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bekerjasama dengan Pemprov Jatim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas bagi pejabat eselon satu dan dua dan keluarga , di Hotel Wyndham, Surabaya, Selasa (30/8/2022).

Tak sendiri, dalam mengikuti Bimtek ini para pejabat tersebut harus membawa serta pasangan masing-masing, baik istri atau suaminya. Dengan harapan keluarga akan menjadi benteng utama dalam mencegah terjadinya tindakan korupsi maupun penyalahgunaan kewenangan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir secara langsung membuka Bimtek secara khusus menyampaikan apresiasinya kepada KPK RI atas penyelenggaraan Bimtek Keluarga Berintegritas. Menurut Khofifah, Bimtek ini sangat penting sebagai langkah preventif dan edukatif anti korupsi berbasis keluarga. Dirinya juga yakin ini akan bisa mengungkit integritas masing-masing pejabat di lingkungan Pemprov Jatim.

Dari dapur redaksi, kami berharap usaha-usaha yang dilakukan Pemprov Jatim ini dapat menghasilkan seperti yang diharapkan. Korupsi di Jatim, khususnya di lingkungan Pemprov Jatim diharapkan tidak terjadi, sehingga kinerja Pemprov menjadi baik.(*)

baca juga :

Sekali Lagi, Omicron

Redaksi Global News

Naik-Batal BBM

Redaksi Global News

Ayo ke Sekolah

gas