Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Wujudkan Ketahanan Pangan, DPRD Jatim Ajak Masyarakat Kembangkan Urban Farming

Anggota DPRD Jatim, Agatha Retnosari saat bersama masyarakat perkotaan panen di sebuah urban farming. (foto jnr)

SURABAYA (global-news.co.id) – Guna mempertahankan dan mewujudkan sektor ketahanan pangan di wilayah perkotaan, Anggota DPRD Jatim, Agatha Retnosari, mengajak dan memberikan solusi ke masyarakat dengan urban farming. Itu diharapkan menjadi salah satu solusi yang tidak memerlukan lahan yang luas untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan, khususnya bagi masyarakat perkotaan.

“Apa yang ada di wilayah ini dengan pembuatan Green House Urban Farming, merupakan wujud perjuangan bersama untuk ketahanan pangan di Kota Surabaya khususnya bagi masyarakat sekitar,” ujar Agatha yang anggota Komisi B DPRD Jatim usai meresmikan Green House Urban Farming Kelompok Tani Sri Rejeki Jitu, di Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang Surabaya, Jumat (19/8/2022).

Menurut Agatha program ketahanan pangan melalui Green House Urban Farming yang ada di Kelompok Tani Sri Rejeki Jitu ini juga sesuai dengan instruksi Megawati Soekarnoputri. “Manfaatkan lahan tersebut untuk ketahanan pangan, agar anak-anak kita memiliki gizi yang baik untuk memberantas stunting,” ujarnya.

Kata Agatha, green house ini diharapkan mampu menunjang ketahanan pangan warga sekitar dan turut serta meningkatkan perekonomian warga melalui produk-produk yang dihasilkan.

Ia juga berpesan kepada warga melalui Koordinator Kelompok Tani Sri Rejeki Jitu, Sri Rahayu, bahwa Green House ini dapat dijadikan salah satu unit usaha PKK di wilayah ini. Yang nantinya bisa menjadi salah satu sumber usaha bersama yang akan memberikan manfaat perbaikan ekonomi warga.

Sementara itu petugas Penyuluh Lapangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Yusuf, mengapresiasi langkah warga kawasan Kedurus ini dengan green house urban farming.

“ini sejalan dengan program Walikota Surabaya, Eri Cahyadi untuk menunjang ketahanan pangan warga Kota Surabaya. Kita di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya siap memberikan pendampingan,” ujarnya.

Seperti diketahui, masyarakat kawasan Kedurus, Kelurahan Kedurus, Kecamatan Karangpilang, Surabaya meresmikan green house untuk areal pertanian urban farming. Melalui media hidroponik, kelompok tani warga yang bernama Kelompok Tani Sri Rejeki Jitu mampu menghasilkan berbagai macam sayuran di antaranya sawi, pakcoy, selada, samhong, dan terong. (ins, jnr)

baca juga :

Bupati Mas Tamam Raih Penghargaan Atas Komitmen Dorong Pembangunan Desa  dari Kemendes PDTT

gas

Prioritas Utama, Pasar Kembang Surabaya Direvitalisasi Usai Kebakaran 2021

Redaksi Global News

Pertama Kali Pemkot Gelar Surabaya Race 2021 di Sirkuit GBT

Redaksi Global News