Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF U-16: Indonesia Benamkan Singapura 9-0

Timnas Indonesia sukses membenamkan Singapura 9-0 di ajang Piala AFF U-16

SLEMAN (global-news.co.id) – Tim nasional Indonesia membenamkan Singapura dengan skor 9-0, Rabu (3/8/2022) malam, yang membuat skuad “Garuda Asia” untuk sementara memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-16 Tahun 2022 melampaui Vietnam.

Gol-gol Indonesia pada laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta, itu dilesakkan oleh Muhammad Nabil Asyura (tiga gol), Muhammad Kafiatur Rizky (dua gol), Mokhammad Hanif Ramadhan, Muhammad Riski Afrisal, Waliy Marifat dan I Komang Ananta Krisna Putra.

Hasil tersebut membuat Indonesia memimpin Grup A karena memiliki selisih gol (+11) lebih banyak daripada Vietnam (+9) di peringkat kedua meski sama-sama berpoin enam dari dua pertandingan. Adapun Singapura terbenam di dasar klasemen dan Filipina bertengger di peringkat ketiga.

Pada laga tersebut, pelatih tim nasional U-16 Indonesia Bima Sakti masih mengandalkan penyerang berumur 14 tahun Arkhan Kaka yang didampingi Muhammad Nabil Asyura dan Azzaky Esa Erlangga di depan.

Turun dengan formasi 4-3-3 kala menyerang dan 4-1-4-1 ketika bertahan, Indonesia tampil menekan dari awal pertandingan.

Hasilnya, mereka unggul cepat pada menit kedua lewat kaki Muhammad Nabil Asyura, yang memanfaatkan umpan Arkhan Kaka.

Setelah itu, Indonesia seakan tak berhenti menciptakan gol demi gol. Pada menit ke-17 Muhammad Nabil menghadirkan gol keduanya berkat assist dari Azzaky Erlangga.

Tiga menit kemudian, Indonesia menambah pundi-pundi gol via Mokhamad Rido Al Ikhsan yang menendang bola dari luar kotak penalti.

Memimpin tiga gol, skuad berjuluk Garuda Asia menjauhkan jarak lewat gol ketiga Muhammad Nabil Asyura pada laga tersebut yang membuat skor menjadi 4-0 pada menit ke-30.

Setelah itu Muhammad Kafiatur Rizky membuat dua gol hanya dalam waktu delapan menit yaitu pada menit ke-35 dan 43 yang memastikan keunggulan 6-0 Indonesia bertahan sampai turun minum.

Usai jeda, Bima menurunkan beberapa pemain baru termasuk Waliy Marifat dan Figo Dennis Saputrananto. Pergantian pemain tak mengendurkan gelombang serangan Indonesia. Pada menit ke-56, bola sepakan Muhammad Nabil menerpa mistar gawang.

Tepat tiga menit setelahnya, Muhammad Riski Afrisal melepaskan tendangan keras sedikit di luar garis kotak terlarang yang masuk ke gawang Singapura.

Ketika kedudukan 7-0, sebuah gerakan Waliy Marifat di dalam kotak penalti harus dihentikan dengan pelanggaran oleh bek Singapura Heng Wei Xien Marcus.

Wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Indonesia yang dieksekusi sempurna oleh Waliy pada menit ke-80.

Beberapa detik sebelum laga berakhir, tepatnya pada menit ke-90+2, Indonesia menghadirkan gol kesembilan dari sumbangan I Komang Ananta Krisna. Indonesia pun menang dengan skor 9-0. (ntr, ins)

baca juga :

Imlek Bersama 500 Anak Yatim Piatu & Dhuafa di Masjid Cheng Hoo

gas

Ratusan ASN Bojonegoro Terima SK Kenaikan Pangkat

Terus Bertambah, Total Positif Corona Klaster Sampoerna 65 Orang

Redaksi Global News