Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF 2022: Indonesia Satu Grup dengan Thailand

JAKARTA (global-news.co.id) – Tim Nasional Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Hal itu menurut hasil pengundian fase grup yang dilakukan di Bangkok, Selasa (30/8/2022), seperti disiarkan laman AFF.

Pertemuan dengan Thailand menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mencatatkan kemenangan pertama atas tim berjuluk Gajah Perang itu sejak tahun 2016.

Terakhir kali Indonesia mampu menundukkan Thailand, negara dengan trofi juara Piala AFF terbanyak yakni enam piala, adalah ketika kedua tim bersua pada leg pertama final Piala AFF 2016, 14 Desember 2016, di Stadion Pakansari, Bogor.

Pertemuan terbaru kedua tim terjadi pada partai puncak Piala AFF 2020, saat itu Thailand keluar sebagai kampiun setelah mengungguli Indonesia pada pertandingan dua leg. Skuad “Garuda” takluk 0-4 pada leg perdana dan kedua tuntas dengan hasil imbang 2-2.

Sebagai informasi, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga belum pernah membawa skuadnya menang atas Thailand pada semua level umur tim nasional.

Sementara Filipina dan Kamboja bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia, yang dilatih Shin Tae-yong, jika lengah ketika berlaga di lapangan.

Adapun satu tempat lagi dalam Grup A akan diisi pemenang laga kualifikasi yang mempertemukan Brunei Darussalam dan Timor Leste. Pertandingan kualifikasi ini akan digelar dalam dua leg.

Pada Grup B Piala AFF 2022, Vietnam akan bersaing dengan Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. Vietnam dan Malaysia pun menjadi unggulan untuk lolos dari fase grup tersebut.

Piala AFF 2022 yang diikuti total 10 negara akan digelar mulai 23 Desember 2022 sampai 15 Januari 2023.

Tak seperti edisi sebelumnya yang mesti dilaksanakan terpusat lantaran pandemi Covid-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang. Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi “Garuda”.

Sejak Piala AFF digelar pertama kali pada tahun 1996, prestasi tertinggi Indonesia adalah menjadi peringkat kedua (runner up) yang diraih enam kali yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020. (ntr, ins)

baca juga :

Perkuat Harmoni, SIG Dukung Penyelenggaraan Natal Bersama Kementerian BUMN dan BUMN

Redaksi Global News

99 Persen Tercover BPJS Kesehatan, Wapres RI Berikan UHC Award 2023 pada Sidoarjo

Redaksi Global News

Fathurahman Terpilih sebagai Ketua PWI Sampang Periode 2022 – 2025

gas