Global-News.co.id
Metro Raya TNI Utama

Pemprov Jatim Ingin Kalimas Jadi Identitas dan Urat Nadi Surabaya

Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak (kiri) bersama Pangkoarmada II, Laksda TNI TSNB. Hutabarat

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) ingin Kalimas menjadi identitas dan urat nadi Kota Surabaya layaknya sungai-sungai negara-negara Eropa. Sehingga kondisi ibukota Jatim ini bukan hanya bersih udaranya tetapi juga sungainya.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak usai mengikuti susur Kalimas pada kegiatan Berlian Kasih Suroboyo, aksi bersih-bersih Sungai Kalimas yang diadakan Koarmada II TNI AL, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Guna mewujudkan, Pemprov bersama Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan kajian teknis sehingga bisa mengeruk sedimentasi atau pendangkalan sungai yang berada di jantung Kota Pahlawan ini. “Kalau dikeruk, dinding sungainya bisa kolaps. Kita ingin melakukan kajian teknis biar bisa dilakukan pendalaman,” ungkapnya

Dikatakan Wagub Emil, indeks kualitas lingkungan hidup 67,7. indeks kualitas air masih 56,13. Tertolong indeks kualitas udara 84,59 dan indeks kualitas tutupan lahan 63,72. Jadi indeks kualitas air masih jadi PR.

Pada saat ini, Kalimas menjadi sebuah wahana wisata transportasi air. Kondisi ini bisa meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian dan kualitas air sungai.

“Bersama TNI AL kita koordinasi akan membahas di titik-titik mana yang perlu penanganan. Penanganan Sungai Kalimas, tidak cukup waktu sehari dua hari, sebulan dua bulan, bahkan setahun dua tahun saja, tapi harus dimulai dari sekarang,” ucap Wagub Emil.

Sementara Pangkoarmada II, Laksda TNI TSNB. Hutabarat menyatakan, siap membantu mengatasi sedimentasi Sungai Kalimas. “TNI AL ada Badan Pushidros, mereka bisa melakukan penggalian pendangkalan-pendangkalan di sungai tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan. Laut aja bisa apa lagi di sungai,” ujarnya.

“Tujuannya bersih-bersih kali ini, untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta dalam menjaga kebersihan sungai, mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagai mana mestinya. Selain itu untuk memperindah sungai dan meningkatkan wisata susur sungai sepanjang Kalimas. Saya berharap program Suroboyo Berlian Kasih ini tidak hanya hari ini saja tetapi terus berlanjut” ucap Pangkoarmada II. (jnr, pur)

baca juga :

Usai Kalah Telak, Persik Kediri Harus Segera Bangkit

Redaksi Global News

Penyaluran KUR BNI Capai 70% dari Target

Antisipasi Musim Hujan, Risma Cek Berbagai Saluran dari Pagi hingga Petang

Redaksi Global News