Global-News.co.id
Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Nasional Utama

MMPP Polresta Sidoarjo Dilengkapi Fasilitas Ramah bagi Kelompok Rentan

SIDOARJO (global-news.co.id) –
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menunjuk 49 unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) sebagai role model dalam penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan.

Salah satunya layanan publik Polri yang ada di Mall Mini Pelayanan Polri (MMPP) Polresta Sidoarjo. Sarana prasarana bagi kaum rentan ini terus dipantau oleh Kementerian PANRB selaku instansi pembina pelayanan publik, agar fasilitas tersebut hadir sesuai standar demi terwujudnya pelayanan publik yang inklusif.

Berdasarkan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik, kelompok rentan terdiri dari disabilitas, wanita hamil, ibu menyusui, anak-anak, lansia, dan korban bencana sosial serta korban bencana alam. Asas pelayanan publik meliputi kemudahan aksesibilitas, serta fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan.

Penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan juga merupakan kepedulian untuk menjamin dan melindungi hak kelompok rentan dalam mendapatkan kesempatan pelayanan yang setara. Dengan demikian, kelompok rentan dapat berpartisipasi penuh mengakses pelayanan publik dengan mudah, aman, nyaman dan mandiri.

Monitoring dan evaluasi (Monev) sarana prasarana ramah bagi kelompok rentan di MMPP Polresta Sidoarjo dari Kementerian PANRB, berlangsung Selasa (30/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro yang memberikan penjelasan ke pihak Kementerian PANRB melalui virtual zoom, terkait peningkatan layanan sarpras ramah bagi kelompok rentan penyelenggara pelayanan publik.

“Dari pemenuhan sarana prasarana ramah bagi kelompok rentan di tempat kami memang masih butuh beberapa penyempurnaan. Kami pun terus berupaya melengkapinya, sehingga MMPP Polresta Sidoarjo dapat menjadi sarpras ramah bagi kelompok rentan,” kata Kapolresta Sidoarjo.

Di MMPP Polresta Sidoarjo, inovasi fasilitas ramah bagi kelompok rentan antara lain, guiding block, area parkir khusus, jalur landai dan pegangan rambat, pintu yang mudah diakses, selasar, kursi tunggu prioritas, ruang tunggu prioritas, loket khusus, toilet khusus bagi kelompok rentan yang di dalamnya ada panic button bila ada yang butuh bantuan, area bermain anak, ruang laktasi, huruf braile yang ada dalam buku panduan layanan serta alat bantu tuna rungu.

“Kami juga menyiapkan pendamping juru bahasa isyarat sebagai layanan tambahan bagi kelompok rentan yang datang ke MMPP Polresta Sidoarjo,” imbuhnya. (win)

baca juga :

Tinjau Penyaluran JPS, Wawali Armuji Yakin Surabaya Bangkit

Redaksi Global News

Dukung Wujudkan PAUD Berkualitas di Surabaya, Unesa Beri Apresiasi Bunda Rini

Kopi Banyuwangi Raih Sertifikasi Organik Dalam dan Luar Negeri

Redaksi Global News