Global-News.co.id
Kesehatan Mataraman Utama

Kader TP PKK Sidokare Nganjuk Siap Sukseskan BIAN 2022

TP PKK Desa Sidokare Nganjuk dan kader siap sukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional.

NGANJUK (global-news.co.id) – Dalam upaya menyukseskan pelaksanaan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) diperlukan keterlibatan semua pihak, tidak terkecuali peran serta kontribusi dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) tingkat desa melalui kader-kadernya.

Hal itu disampaikan Siti Romelah, Wakil Ketua TP PKK Desa Sidokare. “TP PKK Desa Sidokare siap bekerjasama untuk menyukseskan program BIAN di Desa Sidokare khususnya, dan di Kabupaten Nganjuk pada umumnya. Dengan melakukan koordinasi TP PKK Bidan Desa dan kader Posyandu Balita. Kader-kader kita siap berkontribusi menyukseskannya,” kata dia saat menghadiri rapat koordinasi dengan kader posyandu balita, Minggu (7/8/2022).

Untuk menyukseskan kegiatan BIAN di Desa Sidokare, lanjut Siti Romelah, TP PKK Desa Sidokare beserta Kader Posyandu Balita mengajak ibu-ibu yang ada di lingkungan masing-masing untuk ikut serta terlibat langsung dalam kegiatan ini.

“Dalam menyukseskan BIAN, tentu para kader Posyandu Balita dan TP harus bekerjasama dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk maupun pihak terkait lainnya, termasuk mengajak ibu-ibu berkontribusi dalam kegiatan BIAN,” ujarnya.
Sementara itu, Bidan Desa Sidokare, Ertantri Eka, mengatakan pemberian imunisasi sangat penting. Karena imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya sehingga anak lebih sehat dan lebih produktif. Manfaat imunisasi juga jauh lebih besar dibandingkan dampak yang ditimbulkan di masa depan.

Sebagaimana yang telah dikatakan Kementerian Kesehatan yang telah menyusun tiga strategi menggalakkan imunisasi rutin pada anak guna memberikan perlindungan dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I).

Pertama, menambah 3 jenis imunisasi rutin pada anak yang sebelumnya 11 vaksin menjadi 14 vaksin. Kedua, digitalisasi data imunisasi. Kementerian Kesehatan menyiapkan satu aplikasi pencatatan imunisasi secara digital, yakni Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). Ketiga, belajar dari sistem vaksinasi Covid-19, nantinya imunisasi anak akan dilakukan melalui undangan di aplikasi.

“Untuk itu, pemberian imunisasi harus rutin diberikan pada anak karena ini sangat penting. Maka, perlu adanya kerjasama antar pihak di Desa Sidokare,” ujar dia. (aju, ins)

baca juga :

Gaji Guru Honorer di Lumajang Minim, Komisi E DPRD Jatim Bakal Panggil Kadispendik

Redaksi Global News

Penyebaran Flyer Eri – Risma Disorot

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Siapkan Tambahan Fasilitas Kesehatan, Tenaga Medis hingga Kapasitas Laboratorium

Redaksi Global News