Global-News.co.id
Nasional Pendidikan Utama

Gubernur Khofifah dan Mendagri Kunjungi Tugu Pahlawan dan Rumah Kelahiran Bung Karno

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Mendagri RI, Tito Karnavian saat mengibarkan Bendera Merah Putih di Gapura Kampung Pandean IV, Kota Surabaya. (foto: jnr)

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan dan Rumah Kelahiran presiden pertama RI,  Ir Soekarno (Bung Karno) di Pandean IV, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Dalam kunjungan itu, gubernur dan Mendagri disambut ratusan pelajar dan warga. “Tetap semangat sehat ya,” ucap gubernur saat membagikan Bendera Merah Putih dan masker kepada sejumlah warga di Tugu Pahlawan.

Setelah itu, rombongan beranjak ke lokasi dimana Proklamator Kemerdekaan RI (Bung Karno) dilahirkan. Sebelum masuk tepatnya di gapura Kampung Pandean IV, Gubernur Khofifah dan Mendagri mengibarkan Bendera Merah Putih.

Dalam kesempatan itu,  Mendagri mengajak generasi muda menghargai jasa para pahlawan dan tidak lupa sejarah perjuangan bangsa merebut kemerdekaan.

“Dengan tidak lupa sejarah, maka kita tahu akar kita dari mana sehingga kita punya visi dalam membangun bangsa,” ucap Mendagri usai  Rumah Kelahiran Bung Karno.

Menurut Mendagri, bisa dilihat jika Bung Karno dilahirkan dari keluarga dan kampung  sederhana, namun bisa menjadi pemimpin besar dunia. “Bekerja, belajar, dan punya visi serta konsep pemikiran maka kita bisa menjadi pemimpin besar seperti Bung Karno,” tutur Mendagri.

Mendagri juga menyambut baik rencana Walikota Surabaya, Eri Cahyadi yang akan merenovasi rumah kelahiran Bung Karno menjadi museum, sehingga generasi mendatang bisa mengetahui sejarah bangsa. (jtm, pur)

baca juga :

KPU Kota Surabaya Resmi Terima Dua Paslon Perorangan

Redaksi Global News

Ratusan Warga Jatim Eks Gafatar Akan Dikarantina

Redaksi Global News

ITS Bagikan 6.300 Masker Kain kepada Masyarakat Sekitar

Redaksi Global News