Global-News.co.id
Madura Utama

Fattah Jasin : “Pemkab Pamekasan Dukung Alih Status IAIN Jadi UIN Madura”

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Wakil Bupati Pamekasaan, Dr Ir RB Fattah Jasin MS Senin (22/8/22) siang menerima kunjungan civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura,  di Peringgitan Dalam Mandhapa Aghung Ronggosukowati Pamekasan.
Rombongan dari IAIN tersebut terdiri dari Rektor IAIN Madura Dr Saiful Hadi MAg, Wakil Rektor 1 Dr Maimun, Wakil Rektor 2 Dr. Buna’i, dan Wakil Rektor 3 Dr Mohammad Ali Humaidy, para Dekan Fakultas yang dilingkungan IAIN Madura serta  Kabiro AUAK IAIN Madura Drs Abdul Halik Yadi.
Saat menerima para tamunya, Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Akhmad Zaini, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Pamekasan Nurul Widiastuti.
Rektor IAIN Madura, Dr. Saiful Hadi menyampaikan pihaknya meminta dukungan kepada Pemkab Pamekasan terkait rencana alih status IAIN Madura menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Madura,  untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak Madura yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
Menurutnya, perubahan status tersebut nantinya secara otomatis akan menambah jumlah jurusan, sehingga banyaki pilihan bagi anak-anak kuliah kampus yang berlokasi di Jalan Raya Panglegur tersebut . Selain itu, luas lahan juga menjadi syarat dalam mengubah status sesuai ketentuan yang berlaku.
“IAIN Madura masih kekurangan lahan sekitar 4 hektar untuk memenuhi kebutuhan itu. Kami meminta surat dukungan kepada Pemkab Pamekasan terkait upaya ubah status tersebut. Kemudian, lahan juga menjadi kendala kami, sehingga kami meminta adanya hibah lahan dari Pemkab,” ungkapnya.
Wakil Bupati Pamekasan menyambut baik upaya IAIN Madura untuk mengubah statusnya menjadi UIN Madura. Sebab, hal tersebut akan mendorong pertumbuhan sumber daya manusia (SDM) Pamekasan yang mumpuni sesuai cita-cita Bupati Pamekasan  Baddrut Tamam.
“Kalau urusan surat dukungan itu urusan gampang, pasti kami dukung, kami akan sampaikan langsung kepada Bapak Bupati terkait hal ini. Dalam waktu dekat pasti akan selesai, nanti juga ada Ibu Asisten untuk menyampaikan kepada beliau,” katanya.
Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur ini berharap, keinginan kuat IAIN Madura untuk berpartisipasi dalam memajuan pendidikan dengan upaya alih status mendapat kemudahan dari Allah SWT.
“Kami sampaikan terima kasih, karena memang itu yang kami butuhkan. Hal itu mendukung program bapak bupati yang juga membutuhkan paper akademik untuk mendukung kebijakannya. Insyaallah apa yang menjadi harapan akan segera terealisasi,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Siswa SMAN 1 Pamekasan Raih Medali Emas KSN 2020

gas

Ops Puri Agung 2022, Pengamanan Penumpang Bus dari Terminal Purabaya ke Bali

Redaksi Global News

PPM UMM Buat Jamu Tradisional Anti Corona

gas