Global-News.co.id
Pendidikan Utama

18 Mahasiswa UK Petra Lolos Program MSIB dari Kemendikbud Ristek Batch 3

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UKP Dr Rudy Setiawan ST, MT (batik kuning) saat memberi salam pada para mahasiswa penerima MSIB batch 3 tahun 2022 UK Petra.

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 18 mahasiswa UK Petra lolos seleksi dan menerima Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 3 tahun 2022. Program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ini merupakan kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk ketrampilan dengan terjun langsung di dunia usaha dan dunia industri.

Sebagai apresiasi, maka pelepasan duta MSIB UK Petra ini digelar di Sheraton Surabaya Hotel, Senin (8/8/2022). “Ini berita bahagia bagi sivitas UK Petra. Berdasarkan data, ke-18 mahasiswa UK Petra ini bersaing dengan kurang lebih 716.483 mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia,” kata Kepala Pusat Karir UK Petra Sastra Budiharja SPsi, MTh.

Sastra menerangkan, program MSIB bukan program magang biasa. “Jadi mereka akan mendapatkan Industrial Experience dan tentu saja menambah nilai dalam portfolio. Bahkan hasil kerja para mahasiswa ini dibayar oleh pemerintah melalui LPDP,” tambah Sastra.

Ke-18 mahasiswa UK Petra tersebut berasal dari berbagai program yang ada di UK Petra. Diantaranya Communication Science, Accounting, Management, Informatics, dan Interior Design.

Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa UK Petra mampu bersaing dengan mahasiswa dari universitas lainnya di Indonesia. Terdapat dua kategori dalam program MSIB, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat.
Magang Bersertifikat merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang dipercepat sesuai dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik, sedangkan Studi Independen Bersertifikat merupakan pembelajaran yang dirancang khusus sesuai dengan tantangan nyata dengan praktik berupa kursus singkat, bootcamp dan lain-lain.

Sastra yang sekaligus menjadi PIC program MSIB di UK Petra menjelaskan bahwa mahasiswa yang bisa mendaftar program ini merupakan mahasiswa semester 5. Keuntungannya sangat banyak jika lolos MSIB ini.

“Selain bersertikat, program yang berjalan selama satu semester ini dapat dikonversi menjadi 20 SKS. Saya mendapatkan cerita dari pengalaman peserta MSIB batch 2 lalu, serunya bisa mengenal mahasiswa dari universitas lain, kerja bareng sekaligus mendapatkan koneksi langsung dengan perusahaan,” tambahnya.

Rasa bahagia tak terbendung terlihat pada Nicholas Sebastian Veron, salah satu mahasiswa yang lolos magang di PT Tokopedia. Nicho, panggilan akrabnya mulai bekerja pada 11 Agustus 2022 ini bahkan sudah mendapatkan fasilitas MACBOOK untuk bekerja.

“Saya sangat senang. Prosesnya cepat sekali, hanya satu minggu saja. Selain tes, saya juga harus melalui dua kali interview,” kata Nicho saat dikonfirmasi.

Dalam kegiatan pelepasan tersebut, hadir juga Haryo Kusuma Wibawa ST, CPC, sebagai Ketua Program MSIB Kemendikbud Ristek yang membahas mengenai sekilas pandang MSIB. Tak hanya itu Nurhadi Irbath ST, CEC, LCC sebagai Ketua Pokja MSIB Kemendikbud Ristek juga turut berbicara mengenai persiapan yang harus dilakukan mahasiswa jika diterima program MSIB. (tis)

baca juga :

Pasca Penyalahgunaan Narkoba di Wilayahnya, Kapolresta Sidoarjo beserta Anggota Lakukan Tes Urine

Redaksi Global News

Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Polresta Sidoarjo Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahlawan

Motivasi Borneo FC Pertahankan Posisi

Redaksi Global News