Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Walikota Eri Minta Camat dan Lurah Selektif Pilih Calon Penghuni Rusunawa

Rusunawa Gunung Anyar, Kota Surabaya yang baru diresmikan pada Juni 2022 lalu.

SURABAYA (global-news.co.id) – Walikota Surabaya Eri Cahyadi meminta camat dan lurah untuk lebih teliti dan selektif dalam memilih para calon penghuni rumah susun sederhana sewa (rusunawa) agar tepat sasaran.

“Rusunawa diprioritaskan khusus warga MBR (masyarakat berpenghasilan rendah),” kata Walikota Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu (20/7/2022).

Nantinya, apabila penghuni rusunawa tersebut telah lulus sebagai MBR maka akan berstatus mengontrak dan bersiap untuk digantikan oleh MBR yang lain.

“Kalau di dalam rusunawa tidak ada yang keluar, yang salah adalah Pemkot Surabaya. Harusnya mereka lulus dan sudah tidak menjadi MBR lagi,” ujarnya.

Menurut Eri, keberhasilan pemerintah adalah harus bisa mengentaskan MBR yang ada di Kota Surabaya. Namun, Pemkot juga memberikan kesempatan bagi MBR tinggal di rusunawa untuk sementara waktu, jika warga tersebut tiba-tiba tidak masuk kategori MBR.

Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga berharap para Kader Surabaya Hebat (KSH) apabila mengetahui permasalahan tersebut bisa segera menyampaikan langsung kepada lurah atau camat setempat.

“Ini karena yang mengantre untuk tinggal di rusunawa itu ada ribuan orang maka inilah tugas pemkot untuk bisa memberikan pekerjaan agar (mereka) bisa kontrak rumah atau tinggal di tempat yang lainnya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, Irvan Wahyudrajad, mengatakan ada sembilan rumah susun sederhana milik (rusunami) yang akan dibangun di Surabaya pada 2023.

“Rusunami disiapkan sebagai opsi bagi warga yang sudah lepas dari status MBR dan sebelumnya tinggal di rusunawa,” kata Irvan.

Menurut Irvan, warga yang sudah lepas dari MBR itu diharapkan bisa memiliki rumah seperti rusunami dengan angsuran rendah sehingga rusunawa hanya sebagai transit untuk bisa memiliki rumah. (pur)

baca juga :

Hadiri Musprov Porserosi, Sekdaprov Ingatkan Pentingnya Prokes bagi Insan Olahraga

Redaksi Global News

Bappeda Nganjuk Buka Musrenbang, Siapkan 14 Program Prioritas

Titis Global News

Lantik 669 Pejabat, Bupati Baddrut Tamam Akui Belum Ada Korelasi Signifikan TPP dengan Kreatifitas Pejabat

gas