Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Sri Mulyani Sebut RI Tak Akan Bangkrut Seperti Sri Langka

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA (global-news.co.id) – Indonesia masuk ke dalam daftar 15 negara yang berpotensi mengalami resesi berdasarkan survei Bloomberg. Indonesia berada di peringkat ke-14.

Namun demikian Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan, hasil survei itu menunjukkan indikator ekonomi Indonesia jauh lebih baik dari negara-negara lain. Hanya saja Indonesia masih harus tetap waspada terhadap potensi resesi yang bisa saja terjadi. Pasalnya, negara-negara di dunia masih dibayangi oleh resesi dan kenaikan inflasi.

Sri Mulyani mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia tidak akan mengalami nasib seperti Sri Lanka. Sebab, Indonesia memiliki ketahanan yang lebih baik sehingga mampu mencegah kondisi kebangkrutan.

Seperti diketahui, Sri Lanka saat ini bangkrut setelah gagal mengatasi krisis ekonomi yang parah selama berbulan-bulan. Negara ini memiliki tumpukan utang, mengalami gagal bayar, dan cadangan devisa yang menipis.

Kondisi itu membuat rakyat marah. Mereka melakukan unjuk rasa memaksa para pejabat Sri Lanka mundur dari kursi kepemimpinannya. Ribuan pengunjuk rasa menyerbu rumah Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. Mereka menguasai istana.

Sri Mulyani menjelaskan, saat ini seluruh dunia memang sedang mengalami tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19, serta situasi geopolitik Rusia vs Ukraina yang berdampak pada lonjakan harga komoditas pangan dan energi.

“Seluruh dunia sekarang menghadapi konsekuensi dari geopolitik dalam bentuk kenaikan harga bahan-bahan makanan dan energi yang mendorong lebih tinggi lagi inflasi, setelah tadinya sudah meningkat akibat pandemi,” ujarnya dalam konferensi pers rangkaian Pertemuan G20 di Bali, Rabu (13/7/2022).

Kenaikan inflasi yang tinggi bahkan dialami pula oleh negara-negara maju yang biasanya mengalami deflasi. Kondisi lonjakan inflasi tersebut pada akhirnya membuat negara-negara mengambil kebijakan antisipatif, tetapi tidak semua negara memiliki ketahanan yang cukup untuk mampu bertahan di tengah ketidakpastian global.

“Beberapa negara kalau kondisi awalnya tidak kuat, apalagi sesudah dua tahun dihadapkan pada pandemi, ketidakuatan itu dilihat dari berbagai faktor. Pertama, neraca pembayarannya, yaitu apakah trade account, capital account, dan cadangan devisa negara tersebut memadai dampaknya kepada nilai tukar,” jelas Sri Mulyani.

Selain itu, yang juga menjadi faktor adalah ketahanan ekonomi suatu negara berbeda-beda. Terlebih mengingat terjadinya kenaikan harga pangan dan energi, serta kondisi perekonomian yang belum sepenuhnya pulih akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir.

“Jadi kalau mereka mengalami kontraksi akibat pandemi dan belum pulih, ditambah dengan kemudian inflasi yang sekarang terjadi, ini akan makin menimbulkan kompleksitas suatu negara,” ucap mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Faktor lain yang turut memengaruhi kemampuan bertahan suatu negara yaitu kebijakan moneter dan kondisi fiskalnya, serta kondisi utang pemerintah ataupun swasta dan kemampuan membayarnya. Hal itu sangat memengaruhi kemungkinan terjadinya krisis suatu negara.

Sri Mulyani pun menilai, indikator-indikator ekonomi Indonesia saat ini dalam kondisi yang cukup baik. Dengan demikian, risiko resesi ekonomi yang dialami Indonesia hanya sebesar 3 persen, berdasarkan hasil survei yang dilakukan Bloomberg.

Kondisi tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan dengan negara lainnya yang bahkan memiliki potensi resesi lebih dari 70 persen. Kendati demikian, dia memastikan bahwa pemerintah tidak akan terlena dengan hal itu dan akan tetap mewaspadai ketidakpastian global.

“Ini tidak berarti kita terlena, tapi tetap waspada. Namun, pesannya adalah kita tetap akan menggunakan semua instrumen kebijakan, naik itu fiskal, moneter, sektor finansial, dan regulasi lainnya untuk memonitor itu (potensi resesi), termasuk kondisi dari korporasi Indonesia,” pungkas Sri Mulyani. (kcm, hud)

baca juga :

Balkon Atap Tower II Gedung BEI Ambruk, Puluhan Terluka

Redaksi Global News

Gubernur Khofifah Resmikan Huntap Kampung Indah Permai Trenggalek

Redaksi Global News

Dispendik Surabaya Siapkan Modul Pendidikan Keremajaan Putri