Global-News.co.id
Gaya Hidup Nasional Utama

Ribuan Pelari Ikuti Lomba Lari Hybrid

Pelari peserta Pocari Sweat Run Indonesia 2022 yang digelar Minggu (25/7/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sekitar 20 ribu pelari dari berbagai kota di Indonesia mengikuti Pocari Sweat Run Indonesia 2022 yang digelar secara hybrid (offline dan online), Minggu (25/7/2022) pagi.

Sementara di Kota Bandung yang menjadi tempat penyelenggaraan, peserta dibatasi sebanyak 5.000 pelari. Sejumlah tokoh ikut dalam lomba lari yang digelar Pocari Sweat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Bandung Yana Mulyana dan Wakilnya Sahrul Gunawan, serta Walikota Bogor Bima Arya.

Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, Puspita Winawati, mengatakan,  dari tahun ke tahun jumlah peserta lari Pocari Sweat Run Indonesia selalu meningkat. “Ini mengindikasikan semakin banyak masyarakat Indonesia yang tergerak untuk selalu bergerak aktif dan menjalani pola hidup yang lebih sehat,” ujarnya.

Dengan digelar secara hybrid, belasan ribu pelari yang tersebar di 311 kota bisa lari dalam waktu yang bersamaan.  Mereka  ini berlari secara virtual dengan komunitasnya.  Sementara 5.000 pelari membirukan kota Bandung lewat kostum  yang dikenakan.

“Tentunya, kampanye #saferunning setiap tahunnya selalu konsisten kami gaungkan karena keselamatan para pelari adalah yang utama. Secara  protokol kesehatan, kami mengikuti aturan yang telah ditentukan oleh Satgas Covid Kota Bandung,” tambah Wina.

Tak sekadar lari, dengan mengusung Konsep Run for Blue Planet demi membawa perubahan untuk lingkungan yang lebih baik, penyelenggara juga memberi edukasi   melakukan pemilihan sampah kepada para pelari. Mereka  menargetkan 600 kg sampah akan dipilah dan daur ulang di Bandung bekerja sama dengan partner, Rekosistem dan Narasi.

Najwa Shihab, presenter sekaligus co-founder Narasi  mengungkap, tahun ini dirinya “naik kelas” dibanding  tahun lalu saat pertama kali ikut. “Hari ini saya berlari 10km dan saya menyaksikan sendiri pelari diajak untuk memilah sampah sejak sebelum start sampai finish. Kami dari Narasi juga sangat mendukung gerakan seperti ini. Saya berharap gerakan peduli lingkungan ini bisa berkontribusi untuk membawa perubahan dan pelari bisa menginspirasi orang-orang di sekitarnya,” katanya.

Sejumlah selebriti juga ikut kegiatan lari yang tahun ini merupakan tahun ke-9. Mereka antara lain, Alya Rohali, Daniel Mananta, Zee Zee Shahab,  Sahila Hisyam, dan Soraya Larasati.

Meski tidak ikut secara offline dari kota Bandung, tidak menyurutkan semangat para pelari yang berlari secara virtual dari seluruh Indonesia. “Berkat konsep inovatif Pocari Sweat Run Indonesia 2022, kita bisa terhubung dengan pelari di Bandung melalui live streaming. Jadi tetep ngerasain deg-degan yang sama meskipun berlari di kota masing-masing,” ujar Joni, peserta virtual yang berlari bersama komunitas di Kota Makassar.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku sangat mendukung kegiatan ini, karena memiliki dampak yang bagus terhadap perekonomian di Jabar.  Hotel-hotel penuh, restoran penuh, karena peserta offline banyak yang datang dari luar kota.  “Mereka tentunya  tidak sendiri, tapi mengajak keluarga untuk mengantar atau sekalian liburan,” ujarnya. (ret)

baca juga :

HET Dicabut Migor Banjiri Pasar, Pedagang Dadakan Pun Marak

Redaksi Global News

25 April, 768 Orang di Jatim Positif Corona, 86 Meninggal

Redaksi Global News

Simic Telah Mengoleksi 50 Gol di Liga 1

Redaksi Global News