Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

Promosikan Potensi Kopi, Plt Gubernur Jatim dan Kepala BI Jatim Lepas Tim Jelajah Kopi Jatim 2022

Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak dalam seremoni pelepasan keberangkatan Tim Jelajah Kopi Jatim 2022, Selasa (5/7/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebagai salah satu provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia, Jawa Timur memegang peranan penting dalam mengangkat perekonomian Indonesia melalui komoditas kopi. Beragam kopi berkualitas terbaik Jatim yang telah diekspor ke berbagai negara menunjukkan bahwa kopi Jatim mampu bersaing dengan kopi terbaik Indonesia lainnya.

Sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan UMKM khususnya komoditas kopi Jatim, Bank Indonesia Jatim menggelar kegiatan tematik Jelajah Kopi Jawa Timur 2022. Jelajah Kopi ini bertujuan untuk mengulas dan mempromosikan potensi komoditas kopi Jatim secara mendalam dari hulu sampai dengan hilir beserta proses pembentukan value added dari perkebunan kopi menjadi produk kopi berkualitas.

Bank Indonesia Jatim menggelar seremonial pelepasan keberangkatan Tim Jelajah Kopi Jatim 2022 yang dipimpin langsung oleh Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Selasa (5/7/2022).  Pada kegiatan tersebut, Emil didampingi oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bisnis Indonesia Jawa Timur Achmad Faisal Kurniawan, dan Direktur TI Bank Jatim Tonny Prasetyo.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Budi Hanoto menyampaikan bahwa Bank Indonesia mendukung berbagai program pengembangan UMKM khususnya kopi yang menjadi komoditas primadona Jatim.
“Ke depan, Bank Indonesia tidak akan berhenti sampai dengan program Jelajah Kopi Jawa Timur ini saja. Bank Indonesia akan terus menggelorakan semangat pengembangan kopi melalui perhelatan event kopi se-kawasan Jawa”, terang Budi dalam sambutannya.

Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi Bank Indonesia yang senantiasa mendukung dan bersinergi pada program Pemprov Jatim, khususnya dalam pengembangan kopi Jatim.  Sebelum Jelajah Kopi, Program pemprov Jatim Gerakan Milenial Cemerlang (Gemilang) telah lebih dahulu bersinergi dengan Bank Indonesia. Pengembangan pemuda milenial di Wonosalam Jombang dan kopi Ketakasi Jember telah berhasil menorehkan prestasi nasional dan menembus pasar ekspor.

“Melihat potensi perkembangan industri olahan kopi yang cukup besar di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap memberikan dukungan dan memberikan pendampingan bagi para pelaku usaha untuk bersama-sama memulihkan kinerja perekonomian”, tutup Emil mengakhiri sambutannya.

Sementara  Kepala Perwakilan Harian Bisnis Indonesia Jawa Timur menyampaikan bahwa melalui misi eksplorasi perjalanan kopi asli Jatim ini, Tim Jelajah Kopi Jatim akan berupaya memperkenalkan kekhasan kopi Jatim hingga ke tingkat nasional. (tis)

baca juga :

Demokrat Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Petani Lewat Resi Gudang

Redaksi Global News

Liga 1: Peluang Alfan Suaib Main di Tim Senior Persebaya

Redaksi Global News

Piala AFF U-16: Kafiatur Tak Bisa Berkata-kata Usai Cetak Gol di Final

Redaksi Global News