Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Presiden Sri Lanka Dikabarkan Kabur ke Maldives

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa berhasil kabur ke Maldives dengan pesawat militer.

JAKARTA (global-news.co.id) – Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa dikabarkan berhasil kabur meninggalkan negaranya ke Maldives dengan pesawat militer jenis Antonov-32.

Mengutip AFP, seorang pejabat imigrasi mengatakan Gotabaya berhasil meninggalkan Sri Lanka bersama istri dan seorang pengawalnya. Mereka terbang dari bandara internasional utama yang ada di Sri Lanka.

Sebelumnya, Gotabaya sempat ingin kabur meninggalkan negaranya yang bangkrut lewat jalur laut. Rencana itu telah didiskusikan oleh pihak militer.

Apabila itu tak bisa terlaksana, ada opsi lain yakni lewat jalur udara dengan tujuan negara tetangga terlebih dahulu.

“Dia (Gotabaya) akan pergi ke Maldives atau India dan terbang ke Dubai,” ujar salah satu pejabat Kementerian Pertahanan Sri Lanka dikutip AFP, Selasa (12/7).

Saat ini Sri Lanka mengalami bangkrut. Pada April lalu, pemerintah Sri Lanka gagal membayar utang luar negeri sebesar US$15 miliar atau sekitar Rp764 triliun.

Krisis ekonomi terjadi hingga membuat gejolak di masyarakat. Banyak harga barang naik, terutama barang impor, dan bahan bakar minyak (BBM) kian hari kian langka.

Masyarakat setempat lantas menggelar protes menuntut presiden dan perdana menteri mundur. Mereka bahkan merangsek ke istana presiden dan perdana menteri di Sri Lanka. (cnn, ins)

baca juga :

GLOBAL NEWS Edisi 273 (3-9 Desember 2020)

Redaksi Global News

Puncak Libur Natal-Tahun Baru, 25.119 Pelanggan Gunakan KA

Redaksi Global News

City Juara, Guardiola Ungkap Pesan Menyentuh Sir Alex Ferguson