Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF U-19: Malaysia Jeblok, Vietnam vs Thailand Berpeluang ke Final

Timnas Malaysia akan menghadapi tim favorit juara Vietnam di semifinal Piala AFF U-19 2022. (foto: antara)

JAKARTA (global-news.co.id) –  Timnas Vietnam vs Thailand berpeluang jumpa lagi di final Piala AFF U-19 2022 lantaran Malaysia tampil jeblok di fase grup.

Semifinal Piala AFF U-19 edisi kali ini mempertemukan Vietnam vs Malaysia dan Laos vs Thailand. Di atas kertas, Vietnam dan Thailand lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan.

Sejak awal, pembagian grup Piala AFF U-19 terbilang berat sebelah. Vietnam dan Thailand tergabung di Grup A yang dijuluki grup neraka bersama Indonesia.

Persaingan Grup A berjalan ketat hingga laga terakhir. Vietnam dan Thailand pun harus memastikan lolos ke final lewat head to head tiga tim teratas bersama Indonesia.

Vietnam, Thailand, dan Indonesia sama-sama mengemas 11 poin di babak akhir penyisihan Grup A. Namun, Indonesia harus tersingkir karena kalah agresivitas dari Vietnam dan Thailand yang bermain imbang di partai pamungkas.

Sementara perjuangan Malaysia dan Laos untuk lolos ke final relatif lebih mudah. Keduanya berhasil mengantongi nilai lebih banyak dari Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Sejak awal, Malaysia diprediksi bakal lolos dengan mudah dan layak menyandang status juara Grup B. Faktanya, Malaysia hanya mampu finis sebagai runner up di bawah Laos yang tak punya sejarah bagus di ASEAN.

Malaysia bahkan takluk 0-1 dari Laos pada laga penentu juara Grup B. Hasil ini membuat Laos jadi penguasa Grup B dengan raihan 12 poin atau unggul lima angka dari Malaysia yang berada di posisi kedua.

Dengan performa di bawah standar, Malaysia diprediksi kalah dari Vietnam di semifinal. Sementara Thailand masih terlalu kuat bagi Laos yang justru tampil mengejutkan.

Situasi ini membuat Vietnam dan Thailand lebih favorit lolos ke final. Kualitas kedua tim ini memang lebih baik dibanding Malaysia dan Laos.

Laga semifinal akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga pada Rabu (13/7). Sementara partai final dan perebutan tempat ketiga akan dimainkan di waktu yang berbeda pada Jumat (15/7). (cnn, ins)

baca juga :

Toni Ajak Penyanyi Reza Berlatih Ling Tien Kung

gas

Kinerja Kementerian Kesehatan di Tengah Pandemi COVID-19 Disorot Jokowi

Redaksi Global News

Kasad Sebut Tiga Oknum Anggota TNI Terlibat Tabrakan di Nagreg Layak Dipecat

Redaksi Global News