Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF U-19: Lumat Filipina 5-1, Indonesia Berpotensi ke Semifinal

Rabbani Siddiq mencetak hattrick saat  Indonesia gilas Filipina dengan skor 5-1 pada penyisihan Grup A Piala AFF U-19 Tahun 2022

BEKASI (global-news.co.id) – Rabbani Siddiq mencetak hattrick atau tiga gol saat tuan rumah Indonesia melumat Filipina dengan skor 5-1 pada laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 Tahun 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (8/7/2022) malam.

Dua dari tiga gol Rabbani diciptakan dari titik penalti, sementara dua gol Indonesia lain dilesakkan oleh Alfriyanto Nico dan Razzaa Aziz. Filipina memperkecil kedudukan melalui Justin Frias.

Kemenangan itu mengangkat Indonesia ke posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan delapan poin dari empat pertandingan. Skuad “Garuda Nusantara” berpotensi besar ke semifinal jika menundukkan Myanmar pada laga terakhir, Minggu (10/7).

Pada pertandingan melawan Filipina, tuan rumah Indonesia tampil menekan sejak awal. Meski tanpa gelandang andalan Marselino Ferdinan yang cedera, anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong mampu menunjukkan permainan yang rapi dan disiplin.

Terus berada dalam dominasi lawan, pemain Filipina akhirnya membuat kesalahan menekel sayap Indonesia Subhan Fajri yang menusuk ke dalam kotak penalti. Wasit Souei Vongkham dari Laos memberikan hadiah tendangan 12 pas untuk Indonesia.

Rabbani maju sebagai eksekutor dan menjalankan tugasnya dengan baik pada menit-15. Indonesia pun memimpin satu gol.

Berselang 12 menit kemudian, dalam sebuah serangan cepat, Rabbani Siddiq mengirimkan bola terobosan yang dapat dikuasai Alfriyanto Nico dengan baik sebelum dia menyepak bola masuk ke gawang Filipina.

Unggul 2-0, skuad berjuluk Garuda Nusantara dikejutkan dengan gol balasan Filipina pada menit ke-29. Justin Frias memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia yang tercipta akibat lemparan ke dalam Antoine Ortega.

Lemparan Ortega yang langsung mengarah ke tengah kotak penalti memang beberapa kali membahayakan pertahanan Indonesia.

Setelah itu, Indonesia kembali mengambil kendali pertandingan. Hasilnya, Zanadin Fariz dijatuhkan di wilayah terlarang Filipina. Penalti dihadiahkan wasit untuk Indonesia dan Rabbani lagi-lagi sukses menunaikan tugas. Indonesia pun unggul 3-1 dan skor itu bertahan sampai turun minum.

Usai jeda, Rabbani melengkapi golnya menjadi tiga dengan menyundul masuk tendangan pojok Frezy Al Hudaifi pada menit ke-49 untuk membawa Indonesia menjauhkan jarak, 4-1.

Namun, Rabbani harus ditarik ke luar lapangan karena cedera pada menit ke-56. Shin memasukkan Razzaa Aziz sebagai pengganti.

Tak sampai 15 menit berada di lapangan, Razza mencatatkan namanya di papan skor dengan membuat gol kelima “Garuda Nusantara” pada laga tersebut setelah memanfaatkan “assist” dari Ferdiansyah Cecep.

Tak ada gol yang hadir setelahnya. Kedudukan 5-1 untuk kemenangan Indonesia tak berubah hingga laga usai. (ant, ins)

baca juga :

Kasus Corona di Wuhan Melonjak Lagi, Ada 1.290 Kematian Baru

Redaksi Global News

Bupati Gus Muhdlor : Pejabat Fungsional Harus Mampu Berkreasi dan Berinovasi

gas

Sah Jadi Parpol, Partai Gelora Fokus Bentuk Pengurus di Jatim

Redaksi Global News